Ketua Umum Muhammadiyah Hadiri Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan

Muhammadiyah pada Ramadan 2013 sempat menolak hadir dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 27 Jun 2014, 19:11 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2014, 19:11 WIB
Din Syamsuddin Sambut Baik Jokowi Dukung Palestina
Din mengucapkan terimakasih atas ucapan capres nomor urut 2 tersebut di Gedung Majelis Ulama Indonesia di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (24/6/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin tampak hadir dalam sidang isbat penentuan 1 Ramadan di Kementerian Agama. Hal ini tentu menarik, karena Muhammadiyah sempat menolak ikut andil dalam sidang isbat.

Seperti pantauan Liputan6.com, Jumat (27/6/2014) Din yang datang sekitar pukul 18.33 WIB itu, didampingi seorang pengawalnya. Keduanya tampak bergegas memasuki ruang sidang yang mulai dipenuhi peserta sidang.

Din yang mengenakan kemeja abu-abu tua dibalut jas warna yang sama itu enggan mengatakan sepatah kata pun. Dirinya memilih masuk ke Auditorium KH Rasjidi untuk mengikuti sidang isbat.

Muhammadiyah pada Ramadan 2013 sempat menolak hadir dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama, baik untuk penetuan Ramadan atau penentuan bulan Syawal.

Namun, belakangan Muhammadiyah mengutarakan keinginannya hadir dalam sidang isbat dengan beberapa syarat. Salah satunya, sidang isbat harus digelar tertutup tanpa disiarkan langsung media massa, terutama televisi.

Muhammadiyah jauh hari sudah menentukan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu 28 Juni 2014. Mereka menggunakan metode hisab atau perhitungan astronomi. Metode ini berbeda dengan yang digunakan pemerintah, yakni Rukyatul Hilal atau melihat bulan. (Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya