Sekjen PPP: Pengukuhan Pengganti Suryadharma Ali saat Mukernas

Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi ditetapkan sebagai Plt (pelaksana tugas) Ketua Umum PPP menggantikan Suryadharma Ali.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 10 Sep 2014, 12:10 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2014, 12:10 WIB
Tanpa SDA, Mukernas PPP Tetap Berjalan
Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Emron Pangkapi memberikan sambutan saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III PPP di Cisarua, Bogor, Jabar, Rabu (23/4/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi ditetapkan sebagai Plt (pelaksana tugas) Ketua Umum PPP menggantikan Suryadharma Ali atau SDA. Sekjen PPP Romahurmuziy menerangkan, pengukuhan Emron sebagai Plt Ketum dilakukan pada mukernas mendatang.

"Mukernas kita gelar 23-24 September 2014. Agenda mengukuhkan Plt lalu menetapkan waktu pelaksanaan Muktamar," kata pria yang karib disapa Romi itu di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Dalam konferensi pers tersebut, hadir pula Plt Ketua Umum PPP Emron Pangkapi dan 28 DPW PPP se-Indonesia. Para Ketua DPW itu pun memberikan dukungan tertulis pada Emron.

Sementara itu, Emron sendiri mengaku siap untuk menjalankan tugas sebagai Plt Ketum PPP. "Ini keputusan solid, maka saya sebagai Plt saya siap jalankan roda organisasi partai. Pertama itu konsolidasi partai dan muaranya selenggarakan mukernas. Insya Allah 14 hari sejak hari ini," tegas Emron.

Sebelumnya, 28 DPW PPP meminta Suryadharma dipecat dari jabatannya sebagai ketua umum dan hal itu disahkan oleh DPP. Alasan pemecatan itu adalah, kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji yang tengah menimpa SDA. SDA itu pun diminta fokus menyelesaikan kasus tersebut. Hal ini diutarakan Ketua DPW Banten PPP Mardiono.

"Dari berbagai pertemuan ketua wilayah, para tokoh yang diketahui sering sudah dilakukan. Menyikapi keputusan yang diambil DPP tadi malam, yaitu dalam sidang pleno memutuskan memberhentikan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dan mengangkat Emron Pangkapi sebagai Plt Ketua Umum PPP," kata Ketua DPW Banten PPP Mardiono.

Meski telah memberhentikan SDA, Mardiono menuturkan, PPP tidak akan menyingkirkan begitu saja mantan Menag tersebut. Partai masih akan membantunya dalam penyelesaian masalah hukum.

"Apa yang diputuskan oleh rekan-rekan pimpinan harian ini tidak didasari rasa tidak suka pada personal atau pribadi, tapi karena kecintaan pada beliau, agar Pak Suryadharma Ali dapat fokus hadapi persoalan hukum yang menimpa beliau," ujar dia. (Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya