Terkesan, Boris Johnson Ingin Terapkan Car Free Day di London

"Saya ingin membuat warga London bangun dari tempat tidurnya di pagi hari. Kami harus belajar dari Jakarta seperti Car Free Day."

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 30 Nov 2014, 09:11 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2014, 09:11 WIB
Walikota London Boris Johnson
Walikota London Boris Johnson. (www.thetimes.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta - Walikota London Boris Johnson mengaku terkesan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang dilakukan di Indonesia, khususnya Jakarta. Kegiatan tersebut bahkan rencananya ingin ia terapkan di Kota London, Inggris.

"Saya terkesan atas semua hal yang saya lihat di Jakarta. Apa yang kalian lakukan seperti Car Free Day sangat luar biasa. Saya ingin melakukannya juga di London," kata Boris Johnson usai penyerahan sumbangan sepeda kepada Pemerintah Provinsi DKI di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014) pagi.

Ia juga memuji warga Jakarta yang memiliki motivasi bangun pagi dan berkumpul di Car Free Day untuk berolahraga bersama. Johnson menginginkan agar warga London juga melakukan hal yang sama seperti di ibukota negara Indonesia ini, yakni bangun pagi dan berolahraga. Sebab hal itu tak mudah dilakukan. Apalagi di kota-kota besar.

"Saya ingin membuat warga London bangun dari tempat tidurnya di pagi hari. Kami harus belajar dari Jakarta seperti Car Free Day. Ini kegiatan yang sangat berani. Tidak mudah mengajak orang-orang bangun pagi dan melakukan kegiatan seperti ini. Saya sangat terkesan," ucap Johnson.

Sebelumnya, Walikota London Boris Johnson menyumbangkan sebanyak 12 sepeda kepada Pemprov DKI. Belasan sepeda itu untuk digunakan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Penyerahan 1 unit sepeda pun diserahkan hari ini secara simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di tengah-tengah kegiatan Car Free Day (CFD). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut menyaksikan penyerahan sepeda tersebut.

"Kami donasikan 12 unit sepeda untuk Monas. Semoga bermanfaat. Terima kasih," kata Boris Johnson di atas panggung berkarpet merah. (Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya