Abraham Samad: Penyidik KPK Keluar Polri Itu Peristiwa Lama

Ketua KPK Abraham Samad mengaku ada 15 penyidik KPK yang sudah keluar dari Polri 2 tahun lalu.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 01 Des 2014, 17:56 WIB
Diterbitkan 01 Des 2014, 17:56 WIB
Abraham Samad
Ketua KPK Abraham Samad memberikan keterangan pers di Gedung KPK mengenai Mentri dalam Kabinet Jokowi-JK, Jakarta, Rabu (22/10/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Belasan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan berniat keluar dari institusi Kepolisian RI. Mereka keluar dari Polri disebut-sebut karena ingin menetap bertugas di KPK.

Mendengar hal itu, Ketua KPK Abraham Samad tak menampik kabar tersebut. Ia bahkan heran melihat fenomena tersebut.

"Tapi saya heran," ucap Abraham usai rapat dengan Komisi III DPR, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Samad pun mempertanyakan mengapa kabar tersebut baru muncul sekarang. Karena sebenarnya para penyidik tersebut sudah mundur sejak lama. Ada 15 penyidik KPK sudah memutuskan keluar sebagai anggota Polri sejak 2 tahun lalu.

"Itu peristiwa sudah lama itu, mulai tahun kemarin, malah 2 tahun lalu. Dari 2 tahun lalu mereka sudah memutuskan. Aneh aja. Peristiwa lama itu. Jangan bikin KPK sama Polri berantem," cetus Samad.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane sebelumnya mengklaim mendapat kabar ada 18 penyidik Polri di KPK yang hendak mengundurkan diri dari anggota Polri.

Para penyidik KPK itu terdiri dari perwira berpangkat Komisaris Polisi atau Kompol dan Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP, yang sudah bertugas di KPK sejak 3 hingga 5 tahun. (Rmn/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya