TNI AL: Ombak Besar Jadi Kendala Pencarian AirAsia

TNI Angkatan Laut mengirim 8 KRI dalam mencari Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak.

oleh Oscar Ferri diperbarui 29 Des 2014, 14:15 WIB
Diterbitkan 29 Des 2014, 14:15 WIB
Pesawat Air Asia
Pesawat Air Asia (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan, proses pencarian Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 saat ini berpotensi menemui kendala. Pesawat berpenumpang 155 orang itu hilang kontak Minggu 28 Desember 2014.

Manahan mengatakan, kendala pertama adalah lokasi pasti hilangnya pesawat tersebut. Sebab, belum ada kepastian di titik mana pesawat tipe Airbus A320-200 itu hilang.

"Kita tidak tahu pasti di mana. Datum (lokasi) awal kita tidak tahu," ujar Manahan di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/12/2014).

Kemudian, kendala lain adalah kurangnya data-data saat pesawat itu hilang. Misalnya mengenai kecepatan angin, cuaca, dan arus laut saat itu. "Itu sangat mempengaruhi," ucap dia.

Belum lagi saat ini musim angin utara‎. Di mana dengan kondisi seperti ombak di lautan begitu deras. "Saat ini lagi musimnya angin utara. Ombaknya deras," ujar Manahan.

TNI AL mengirim 8 KRI dalam mencari Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak. Yakni KRI Sutedi Senoputra, KRI Todak, KRI Bung Tomo, KRI Hasanuddin, KRI Pulau Rengat (kapal penyapu ranjau), ‎KRI Yos Sudarso, dan KRI Banda Aceh (kapal markas). ‎Kemudian diterjunkan juga 2 Kapal TNI AL (Manau dan Sambas), 2 helikopter, dan 2 pesawat patroli maritim (Maritime Patrol Aircraft/MPA) CN 235.

TNI AL juga turut menerjunkan tim khusus ke lokasi pencarian yang jadi titik duga hilangnya pesawat itu, yakni di kawasan Belitung. Manahan menjelaskan, tim khusus yang diterjunkan ke kawasan Belitung itu, yakni 1 tim penyelam TNI ALS, 1 tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, dan 3 tim Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Marinir TNI AL dengan Rubber Duck Operation (RDO).‎

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura hilang kontak dari Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu 28 Desember 2014 sekitar pukul 06.17 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu take off dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 05.20 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Changi, Singapura pukul 08.30 waktu setempat.

Pesawat jenis Airbus A320-200 dengan register PK-AXC itu dipiloti Kapten Iriyanto dan Remi Emmanuel Plesel, serta 4 awak kabin, yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan 1 teknisi bernama Saiful Rakhmad.

Pesawat AirAsia yang hilang itu berpenumpang 155 orang, terdiri atas 138 penumpang dewasa, 16 penumpang anak-anak, dan ‎1 bayi. Penumpang didominasi dari warga negara Indonesia, 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, dan 3 WN Korea Selatan. (Mvi/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya