Ini Pengganti Rio Capela di DPP Nasdem dan DPR

Mantan Sekjen DPR Nining Indra Saleh menggantikan posisi Rio Capella di DPP Nasdem. Untuk di DPR diganti oleh Anarulita Muchtar.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 15 Okt 2015, 19:25 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2015, 19:25 WIB
20151015-Surya Paloh Tanggapi Penetapan KPK atas Rio Capella-Jakarta
Ketua Partai Nasdem, Surya Paloh (kanan) menjawab pertanyaan usai pengunduran Patrice Rio Capella di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Kamis (15/10/2015). Rio Capella mengundurkan diri usai ditetapkan tersangka oleh KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Patrice Rio Capella resmi mundur dari Partai Nasdem dan meninggalkan jabatannya sebagai Sekjen DPP dan anggota DPR.

Keputusan itu dilakukannya, setelah dia ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap proses penanganan kasus bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh pun segera menunjuk sekjen baru partainya dan pengganti Rio di DPR. Dia pun menegaskan, surat permohonan pergantian antar waktu di DPR akan segera diberikan ke KPU pada Senin mendatang.

"Hari ini juga saya memerintahkan kepada saudara Willy Aditya selaku Wakil Sekjen untuk menyiapkan Pergantian Antar Waktu (PAW). Suratnya, Insya Allah Senin paling lambat akan diserahkan ke KPU," ungkap Paloh di kantor DPP Partai Nasdem, Kamis (15/10/2015).

Selain menyiapkan proses PAW, Surya Paloh juga langsung menunjuk pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen DPP Nasdem kepada Nining Indra Saleh yang sebelumnya pernah menjabat sebagai sekjen DPR.

"Ibu Nining yang sebelumnya sebagai salah satu wakil sekjen, saya tunjuk untuk menjadi Sekjen DPP Nasdem," kata Surya.  

Di tempat yang sama, Willy Aditya menyampaikan, pengganti Rio di DPR adalah orang nomor dua pada saat Pemilu legislatif untuk dapil Bengkulu. Hal ini menurutnya sudah sesuai dengan keputusan KPU.

"Kita ikuti saja keputusan KPU. Orang pengganti itu yang perolehan suaranya nomor dua di bawah Pak Rio, yakni Anarulita Muchtar," pungkas Willy.

Daftar kader Nasdem yang terjerat korupsi semakin bertambah. Sebelum Rio Capella resmi tersangka, ada sejumlah nama kader Nasdem yang terjerat kasus korupsi.

Di antaranya, mantan Gubernur Sulawesi Tengah Bandjela Paliudju selaku Ketua Wantim DPW Nasdem Sulteng, mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu yang merupakan Anggota Wantim DPP Partai Nasdem, dan OC Kaligis yang merupakan Ketua Mahkamah Partai Nasdem. (Dms/Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya