Cak Imin Minta Restu, Nasdem: Cawapres 2019 Kami Serahkan ke Jokowi

Nasdem memahami, PKB dan Cak Imin tengah melakukan penjajakan kepada partai-partai pendukung Jokowi agar mendapatkan izin menjadi cawapres.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Mei 2018, 15:02 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2018, 15:02 WIB
'Senyuman' Cak Imin dan Surya Paloh di Markas PDIP
Cak Imin dan Surya Paloh saling berpelukan saat menghadiri koalisi mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/05/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem menyerahkan masalah calon wakil presiden (Cawapres) di Pilpres 2019 kepada Joko Widodo atau Jokowi. Hal ini terkait kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang meminta restu kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

"Untuk Wapres Jokowi 2019, kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi untuk memilih siapa yang akan jadi cawapresnya. Kami akan mendukung," kata Sekjen Partai Nasdem Jhonny G Plate di Kantornya, Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Sikap itu telah disampaikan kepada Muhaimin yang kerap disapa Cak Imin. Menurut dia, nantinya partai-partai pendukung akan berdiskusi bersama Jokowi membahas cawapres setelah Pilkada 2018 selesai.

"Tapi capresnya Pak Jokowi, silaturahmi ini bagus. Pengambil keputusan adalah presiden. Dan akan dibicarakan bersama sebelum diumumkan," ujarnya.

Jhonny memahami, PKB dan Cak Imin tengah melakukan penjajakan kepada partai-partai pendukung Jokowi agar mendapatkan izin menjadi cawapres. Hal ini dianggap baik agar Cak Imin tidak hanya mengumbar opini di ruang publik.

"Cak Imin sebagai tokoh muda, ketua partai yang punya hak politik yang sedang membangun basis elektoral dengan baik, tentu silaturahmi itu bagus kepada Nasdem," ucap Jhonny.

Nasdem, kata dia, mengakui mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigasi (Menakertrans) itu, adalah sosok muda yang memiliki reputasi baik. Sehingga layak mendapatkan kesempatan untuk mencalonkan diri di Pemilu 2019.

"Kita tidak bisa pungkiri, Cak Imin sebagai tokoh muda, tokoh nasional kita, ketua partai pula, partai terhormat juga, tokoh dulu aktivis mahasiswa berhasil dengan reputasinya luar biasa adalah salah satu kader bangsa yang harus dijaga agar mempunya kesempatan disalurkan di tataran demokrasi yang baik," tandas Jhonny.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cak Imin Temui Surya Paloh

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Jalan RP Suroso, Menteng, Jakarta. Pertemuan Cak Imin dengan Surya Paloh berlangsung tertutup.

Usai pertemuan, Cak Imin mengatakan berdiskusi berbagai topik bersama Surya Paloh. Salah satunya meminta restu Surya Paloh untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo di Pemilu Serentak 2019.

"Saya minta doa dan restu Bang Surya untuk bisa mendampingi Pak Jokowi 2019, tentu semua bergantung Pak Jokowi lah kira-kira begitu," kata Cak Imin

 

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya