Jokowi Sambut Presiden Timor Leste dengan Rampak Gendang

Rampak Gendang merupakan pertunjukkan musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Jun 2018, 10:51 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2018, 10:51 WIB
Jokowi
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Francisco Guterres Lú Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Titin Suprihatin)

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Francisco Guterres Lú Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Guterres datang bersama istri, Cidália Lopes Nobre Mouzinho.

Guterres yang menggunakan setelan jas hitam lengkap dengan dasi merah tiba pukul 10.05 WIB. Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung menyambut hangat. Jokowi tampak menggunakan setelan jas biru berdasi merah, sedangkan Iriana menggunakan atasan baju kurung, serta kain dan selendang bermotif batik.

Kedatangan orang nomor 1 di Timur Leste ini disambut Rampak Gendang yang  merupakan pertunjukkan musik tradisional dari Jawa Barat.

Sekitar sepuluh orang mengambil posisi di depan Istana Kepresidenan Bogor, mereka mengenakan kostum yang sama berwarna merah campur putih. Mereka memainkan alat musiknya sehingga membentuk suatu irama yang energik dan bersemangat.

Setelah menyaksikan Rempak Gendang, Jokowi lalu mengajak Guterres mengikuti prosesi upacara penyambutan dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara. Serta upacara jajar pasukan dan penembakan di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya juga menyapa ratusan siswa-siswi yang menggunakan pakaian adat nusantara.

Pada pukul 10.15 WIB, Jokowi mengajak Guterres memasuki ruang tamu Istana Kepresidenan Bogor untuk foto bersama yang dilanjutkan dengan pengisian buku tamu. Sesaat kemudian, keduanya menanam pohon di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor dan melakukan pertemuan bilateral.

 


Bahas Ragam Kerja Sama

Jokowi
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Francisco Guterres Lú Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Titin Suprihatin)

Dalam pertemuan, Jokowi dan Guterres bakal membahas kerja sama di bidang ekonomi, politik, energi, pariwisata, informasi hingga sosial budaya. Saat ini, ada sekitar sembilan badan usaha milik negara (BUMN) dan ratusan perusahaan Indonesia yang sudah beroperasi di Timor Leste.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara penyambutan ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. Ada juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

 

Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya