Istri Kapolri Tinjau Evakuasi di Hotel Roa-Roa Palu

Keempat anjing tersebut berpencar mencari ke beberapa titik runtuhan bangunan. Mereka akan memberikan tanda bila menemukan titik adanya korban.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 03 Okt 2018, 11:24 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2018, 11:24 WIB
Hotel Roa-Roa
Hotel Roa-Roa Palu luluh lantak diterjang gempa dan tsunami (Liputan6.com/Ady)

Liputan6.com, Jakarta - Istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Suswati, meninjau langsung proses evakuasi korban gempa dan tsunami di Hotel Roa-Roa, Jl Patimura, Palu, Sulawesi Tengah.

Proses evakuasi dilakukan tim SAR gabungan. Salah satu tim yang bergabung adalah dari Jakarta Rescue. Organisasi kemanusiaan ini menerjunkan empat ekor anjing di lokasi evakuasi, Rabu (3/10/2018), berjenis Malinois dan Golden Retriever dan Golden Retriever malinois.

Keempat anjing tersebut berpencar mencari ke beberapa titik runtuhan bangunan. Mereka akan memberikan tanda bila menemukan titik adanya korban.

Tanda yang diberikan berbeda bilamana anjing-anjing tersebut menemukan korban meninggal dunia atau masih dalam kondisi hidup.

"Anjing ini akan mengorek dan menggonggong panjang kalau menemukan korban yang meninggal dunia, sedangkan kalau menemukan korban hidup akan menggonggong beberapa kali," kata Presiden Direktur Jakarta Rescue Raden Hardianto, di lokasi evakuasi, Rabu (3/10/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Evakuasi Basarnas

Istri Kapolri
Istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Suswati, meninjau langsung proses evakuasi korban gempa dan tsunami di Hotel Roa-Roa, Jl. Patimura, Palu, Sulawesi Tengah. (Liputan6.com/Ady)

Dari tanda tersebut, tim Basarnas akan melakukan evakuasi puing dan membuka jalur evakuasi runtuhan.

Kemudian, istri Kapolri Tri Suswati terlihat berbincang dengan tim Jakarta Rescue terkait proses evakuasi yang dilansakan bersama Basarnas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya