Eks Petinggi GAM Bantah Kelola Lahan Prabowo di Aceh Tengah

Fauzan mengatakan sampai sekarang lahan Prabowo masih dikelola oleh pihak Prabowo. Mereka diketahui mengambil getah pinusnya.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 19 Feb 2019, 11:49 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2019, 11:49 WIB
Gaya Jokowi dan Prabowo Saat Debat Kedua Capres
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Semua pertanyaan dalam debat kedua ini dirahasiakan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan lahan seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah milik Prabowo, saat ini dikelola mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Hal senada juga disampaikan oleh Sandiaga.

Namun, mantan Panglima GAM Wilayah Linge, Fauzan Azima, membantahnya. Dia menyebut pernyataan itu bohong alias hoaks.

"Tidak ada, bohong itu (mantan kombatan GAM mengelola tanah). Saya mantan panglima GAM di Aceh Tengah dan Bener Meriah, pasti saya tahu. Bahwa lahan Prabowo dimanfaatkan dan dikuasai oleh eks GAM adalah dusta," ucap Fauzan kepada Liputan6.com, Selasa (19/2/2019).

Dia menuturkan, sampai sekarang tanah tersebut masih dikelola oleh pihak Prabowo. Di mana, mereka mengambil getah pinusnya.

"Masih dikelola oleh mereka. Mereka menjual getahnya, getah pinus," ucap Fauzan.

Saat ditegaskan apakah ada masyarakat sekitar yang diajak untuk mengelola tanah tersebut? Dia hanya mengatakan. "Secara resmi tidak ada," pungkas dia.

Sebelumnya, cawapres Sandiaga Uno, menyebutkan, lahan milik Prabowo seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah, dikelola oleh eks aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Lahan kepemilikan Prabowo di Aceh banyak digunakan eks aktivis GAM untuk meningkatkan perekonomian," kata Sandiaga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 


Atas Izin Prabowo

Menurut Sandiaga, wajar jika seorang warga negara menguasai konsesi lahan hutan milik negara. Apalagi tujuannya untuk kepentingan masyarakat sekitar. Seperti di Aceh yang digunakan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Dia juga mengatakan, para kombatan itu memang banyak yang memanfaatkan lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik Prabowo atas seizin dirinya.

"Kombatan-kombatan GAM di Aceh itu banyak memanfaatkan tanah-tanah itu atas izin Pak Prabowo," kata Dahnil.

Karena alasan itu, Prabowo menyebut dirinya seorang Nasionalis dan Patriot saat debat capres semalam. Itu karena tanah HGU yang dikuasai Prabowo dikelola oleh bangsa sendiri bukan bangsa asing.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya