Jokowi: Banjir Terjadi karena Kita Buang Sampah di Mana-mana

Jokowi meminta agar pemerintah provinsi, kabupaten/kota untuk bekerja sama menangani masalah banjir tersebut.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 02 Jan 2020, 11:16 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2020, 11:16 WIB
Reaksi Jokowi Saat Dengar Penyidik KPK Disiram Air Keras-Jakarta- Angga Yuniar-20170411
Jokowi telah menginstruksikan kepada Kapolri untuk segera mencari tahu siapa pelaku penyiraman air keras kepada penyidik KPK, Novel Baswedan, Jakarta, Selasa (11/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menilai banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jabodetabek dikarenakan kerusakan ekosistem dan ekologi. Tak hanya itu, dia menilai banjir terjadi karena perilaku masyarakat membuag sampah sembarangan.

"Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada. Tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah dimana-dimana banyak hal," ujar Jokowi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta agar pemerintah provinsi, kabupaten/kota untuk bekerja sama menangani masalah banjir tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan bahwa hal terpenting saat ini adalah mengevakuasi warga terdampak banjir.

"Keselamatan keamanan masyarakat harus didahulukan. Nanti urusan penanganan banjir secara infrastrukturnya akan kita bicarakan setelah penanganan evakuasi selesai," jelas Jokowi.

Banjir menerjang sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Banjir kali ini dikarenakan intensitas hujan yang tinggi sejak Rabu, 1 Januari 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


31 ribu Warga Mengungsi

Luapan Kali Ciliwung Masih Menggenangi Jalan Jatinegara Barat
Warga melewati banjir yang menggenangi kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Hujan yang terjadi kemarin malam membuat Kali Ciliwung meluap ke jalan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta merinci jumlah pengungsi akibat banjir yang melanda pada 1 Januari 2019, mencapai 31,232 jiwa.

Menurut Kapusdatin BPBD DKI M. Ridwan jumlah tersebut ditotal dari lima wilayah bagian Jakarta.

"Total 38 titik kecamatan dilanda banjir, dengan 158 titik banjir, jumlah pengungsian lokasi 269 jiwa, dan jumlah pengungsi total 31,232 jiwa," kata Ridwan lewat keterangan tertulis diterima, Kamis (2/1/2020).

Ridwan mengatakan data tersebut didapat pada pembaharuan pukul 19.00 WIB tanggal 1 Januari 2020. Untuk data pagi ini pihaknya masih menunggu konfirmasi tim lapangan.

"Kami akan update lagi segera," jelas dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya