Stasiun Kereta Api Jarak Jauh Terapkan Sosial Distancing, Pasang Garis Pembatas

Garis pembatas itu dilakukan di keberangkatan kereta api jarak jauh yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, dan Jakarta Kota.

oleh Ika Defianti diperbarui 19 Mar 2020, 13:41 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2020, 13:41 WIB
Penyemprotan Disinfektan Gerbong Kereta di Stasiun Pasar Senen
Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). PT KAI Daop I Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan KA jarak jauh untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pemasangan garis pembatas di berbagai area di stasiun sebagai bentuk sosial distancing guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di transportasi publik.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyatakan, garis pembatas itu dilakukan di keberangkatan kereta api jarak jauh. Yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, dan Jakarta Kota.

"Ketiga stasiun tersebut telah dibuat pengaturan garis batas jarak aman antrean seperti pada saat antrean cetak tiket, loket pembatalan tiket atau pembelian tiket go show, dan cek boarding pass," kata Eva dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (19/3/2020).

Jarak pembatas antrean penumpang dengan yang lain yakni sekitar 100 cm. Selain itu kata dia, untuk fasilitas lift juga sudah dibatasi hanya untuk empat orang, seperti halnya di Stasiun Gambir.

"Dengan batas jarak aman berdiri antar pengguna. Bahkan, fasilitas tempat duduk di area tunggu stasiun juga diberikan jarak aman," ucapnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut mengambil langkah preventif terhadap penyebaran virus corona dengan memberlakukan larangan naik kereta api bagi calon penumpang yang terindetifikasi suspect virus corona (Covid-19) saat melakukan proses boarding atau pengecekan tiket dan kartu identitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Cek Suhu Badan Penumpang

Penyemprotan Disinfektan Gerbong Kereta di Stasiun Pasar Senen
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). PT KAI Daop I Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan KA jarak jauh untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya saat ini telah menempatkan petugas khusus pengecekan suhu badan calon penumpang yang terdapat di depan meja cek boarding pass.

"Jika pada saat pengecekan suhu badan ditemukan panas suhu badan calon penumpang mencapai 38 derajat celcius ke atas, dan atas rekomendasi petugas kesehatan, maka calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan KA. Dan, KAI akan mengembalikan penuh bea pemesanan tiket," ujarnya, Sabtu (14/3/2020).

Tidak hanya itu, Eva melanjutkan, bagi penumpang suspect corona yang membawa pendamping, maka tiket dapat dikembalikan penuh juga. Aturan itu berlaku untuk maksimal empat orang dalam satu kode booking.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya