Puluhan Warga Terjaring Operasi Tertib Masker di Kebon Jeruk dan Kampung Bali

Rinciannya 25 pelanggar diberi sanksi kerja sosial dan 16 diberikan sanksi administrasi dengan total denda Rp 3.050.000.

oleh Rinaldo diperbarui 25 Agu 2020, 21:19 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2020, 21:19 WIB
FOTO: Pelanggar Protokol Kesehatan Diberi Sanksi Menyapu
Pelanggar PSBB dikenai sanksi menyapu di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 41 warga yang tidak menggunakan masker terjaring operasi tertib masker di Jalan Perjuangan hingga Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Camat Kebon Jeruk, Saumun mengatakan, tibmask ini sesuai Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Dari operasi kali ini, pihaknya berhasil menjaring 41 pelanggar. Rinciannya 25 pelanggar diberi sanksi kerja sosial dan 16 diberikan sanksi administrasi dengan total denda Rp 3.050.000.

"Harapannya, sanksi ini bisa memberikan efek jera bagi pelanggar," tuturnya, Selasa (25/8/2020).

Selain itu, dalam operasi yang rutin dilaksanakan tersebut pihaknya juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

"Tujuannya agar kesadaran masyarakat akan protokol 3M semakin tumbuh," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sementara itu, 10 pelanggar aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Kelurahan Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat menerima sanksi sosial dari petugas gabungan saat operasi tertib masker, Selasa (25/8/2020).

Lurah Kampung Bali, Etik Kusmiati mengatakan, para pelanggar ini memilih untuk kerja sosial dengan membersihan fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Jalan Kampung Bali 16, selama 20 menit.

"Lagi-lagi mereka tidak menggunakan masker di tengah pandemi ini. Padahal penggunaan masker sangat penting sekali untuk mencegah penularan Covid-19," kata Etik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Selalu Mengingatkan Warga

Ia melanjutkan, giat ini berlangsung dari pukul 08.30-12.00 WIB dengan melibatkan sembilan petugas gabungan.

"Kita selalu ingatkan ke warga, agar jangan lupa untuk menggunakan masker. Karena keberadaan masker saat ini sangat penting untuk memutus penyebaran Covid-19," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya