Hari Anti-Korupsi, Wakil Ketua Komisi III DPR Singgung Soal Kinerja KPK

Ahmad Sahroni menyinggung soal kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Dahuri, terkait Hari Anti Korupsi.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 09 Des 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 09 Des 2020, 15:00 WIB
KPK Beberkan Kronologis Korupsi Dana Bansos COVID-19
Ketua KPK Firli Bahuri menggelar konferensi pers terkait penahanan Menteri Sosial Juliari Batubara di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari Batubara menyerahkan diri ke penyidik KPK pada Minggu dini hari usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyinggung soal kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Dahuri, terkait Hari Anti Korupsi Sedunia.

Dia menuturkan, banyak yang sempat meragukan kinerja KPK di bawah tangan Filri. Namun, sekarang sudah terbukti bahkan sudah ada dua menteri yang ditangkap.

"Kita lihat KPK juga tak pandang bulu dalam menegakkan aturan hukum, yaitu dari semua kalangan hingga ke tingkat menteri," kata Sahroni dalam keterangannya, Rabu (9/12/2020).

Dia pun meminta, agar KPK tetap fokus dalam menjalankan fungsi pencegahan dengan terus membina kerja sama dengan lembaga-lembaga negara lain untuk membuat sistem kerja yang meminimalisir peluang korupsi.

"Tentunya kerja sama ini penting demi memperkecil peluang untuk korupsi. Penangkapan apalagi OTT memang dramatis, namun pencegahan tetap yang utama," jelas Sahroni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Pimpinan DPR

Dalam rangka Hari Anti Korupsi, Pimpinan DPR Aziz Syamsudin menyinggung penggunaan sistem keuangan yang berbasis dengan informasi dan teknologi, terlebih dalam sistem keuangan lembaga-lembaga negara.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar ini menuturkan, hal ini bisa membuat semakin transparannya sistem keuangan lembaga negara.

"Sistem penggunaan keuangan kedepan harus menggunakan IT agar transparan dan akuntabilitasnya terjaga," kata Azis saat dikonfirmasi, Rabu (9/12/2020).

Sebagai anggota DPR, Ia juga berharap di Hari Anti Korupsi ini, lembaga antirasuah ini bisa mengedepankan preventif atau pencegahan tindak pidana korupsi.

"Menjadikan momentum hari antikorupsi dengan mengedepankan preventif," jelas Azis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya