3 Pernyataan Wagub Riza Patria soal Penertiban Skater di Trotoar MH Thamrin

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan masyarakat dilarang bermain skateboard di trotoar.

oleh Maria Flora diperbarui 05 Mar 2021, 10:32 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2021, 10:32 WIB
wagub
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Aksi sejumlah pemuda bermain skateboard di trotoar Jalan MH Thamrin viral di media sosial. Bukan lantaran atraksinya, namun karena ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Rabu, 3 Maret kemarin.

Penertiban dilakukan karena para skater telah melanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker dan menimbulkan kerumunan.

"Kemarin pada saat patroli, anggota Satpol PP itu didapati kegiatan yang teman-teman dari yang menggunakan skateboard itu bermain di sekitar trotoar di depan Hotel Mandarin tanpa gunakan masker, berkerumun, dan sebagainya," kata Kepala Satpol PP Jakarta, Arifin saat dihubungi, Kamis, 4 Maret 2021.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, ada sejumlah titik di Ibu Kota yang kini tersedia bagi para skater untuk bermain skateboard. Jadi bukan di trotar.

"Olahraga skateboard itu di trotoar tidak boleh, kan ada tempat yang sudah disiapkan," kata Riza Patria di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Maret.

Berikut deretan pernyataan Wagub Riza atas viralnya para skater ditertibkan petugas Satpol PP di Jalan MH Thamrin:  

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Dilarang Bermain Skateboard di Trotoar

wagub
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Ist)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan masyarakat dilarang bermain skateboard di trotoar. Sebab, Pemprov DKI telah menyediakan sejumlah lokasi untuk para skater.

Lokasi yang dimaksud seperti halnya di kawasan Senayan hingga gelanggang olahraga atau GOR. Lokasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"GOR tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan dengan fasilitas yang cukup baik sudah sangat baik. Mari kita dukung fasilitas yang ada kita gunakan secara baik optimal agar sehat agar berprestasi," ucapnya.


Penertiban Sudah Berdasarkan Aturan

Wagub DKI Cek RSUD Pasar Minggu
Wakil Gubernur DKI Riza Patria meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus Covid-19 di Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Kunjungan Riza guna mengecek mulai dari kecukupan dokter dan seluruh tenaga kesehatan pendukungnya hingga stok obat-obatan di rumah sakit (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Riza pun menyatakan bahwa patroli yang dilakukan oleh anggota Satpol PP di trotoar kawasan Thamrin sudah berdasarkan aturan yang ada.

Menurut dia, tindakan yang dilakukan oleh anggota Satpol PP dalam rangka menegakkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selain itu, Riza Patria menyebut hal tersebut untuk untuk memastikan keselamatan bersama.

"Untuk memastikan keselamatan warga, yang bersangkutan, maupun warga yang lain. Termasuk yang tidak pakai masker, jadi sebetulnya masalahnya demikian," jelasnya.


Bentuk Penegakan Protokol Kesehatan

Wagub DKI Tinjau Protokol Kesehatan di Mal
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Central Park Grogol Petamburan, Sabtu (20/6/2020). Riza Patria meminta pengelola mal di wilayahnya ikut meningkatkan pengawasan dan pelaksanaan terhadap protokol kesehatan Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut Riza mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh anggota Satpol PP dalam rangka menegakkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Selain itu, Riza Patria menyebut hal tersebut untuk untuk memastikan keselamatan bersama.

"Untuk memastikan keselamatan warga, yang bersangkutan, maupun warga yang lain. Termasuk yang tidak pakai masker, jadi sebetulnya masalahnya demikian," ucapnya.

Karena hal itu, dia meminta agar masyarakat dapat memahami hingga mendukung kinerja para petugas yang bertugas.

"Namun demikian kami minta juga jajaran Satpol PP untuk melakukan penertiban pengawasan secara persuasif. Secara baik ya, nanti kita akan sinergi kan kembali," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya