Kementan Serahkan SK PPPK, Kinerja dan Disiplin Penyuluh Harus Meningkat

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peran penyuluh untuk pertanian tidak bisa diabaikan.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Mar 2021, 14:21 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2021, 09:54 WIB
kementan
Penyerahan SK PPPK dilakukan secara simbolis di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat untuk 2 orang perwakilan dari penyuluh dan guru. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan sektor pertanian, dibutuhkan tenaga-tenaga penyuluh yang handal. Untuk itu, Kementerian Pertanian mengangkat sejumlah THL menjadi ASN PPPK. Harapannya, kebutuhan penyuluh di lapangan bisa diatasi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peran penyuluh untuk pertanian tidak bisa diabaikan.

"Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian. Penyuluhlah yang terus mendampingi petani di lapangan agar produksi pertanian tidak bermasalah," tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, memperkuat hal itu.

"Dalam pandemi Covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan bahkan tumbuh positif. Oleh karena itu, momentum tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan. Caranya dengan merekrut penyuluh-penyuluh hebat," tuturnya.

Di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, penyerahan SK PPPK secara simbolis dilakukan di lapangan Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (1/3/2021), atau saat apel gabungan seluruh pegawai di lingkup Kabupaten Dharmasraya.

Penyerahan SK dilakukan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Oleh Wakil Bupati Dasril Panin DT. Labuhan, Sekda H. Adlisman, Kadis Pertanian Darisman, dan Kepala BKPSDM Khairudin.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan terhadap 2 orang perwakilan dari penyuluh dan guru dan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja yang diwakili Kepala BKPSDM.

SK terhitung tanggal 1 Januari 2021, SPMT 1 Maret 2021 kepada sebanyak 27 orang penyuluh Pertanian dengan rincian penyuluh pertanian 21 orang, tenaga medis 1 orang, paramedik 4 orang, THL perkebunan 1 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kinerja Makin Meningkat

THL yang menerima SK juga disampaikan mengenai tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan sebagai seorang ASN, yaitu disiplin kerja.

Kadis Pertanian Darisman, didampingi oleh Kabid Penyuluhan, mengharapkan dengan diterimanya SK PPPK ini para penyuluh semakin meningkat kinerjanya dalam memajukan pertanian di Kabupaten Dharmasraya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya