Ada KA Bandara, Menhub: YIA-Yogyakarta Hanya 40 Menit

Kementerian Perhubungan melakukan soft launching pengoperasian Kereta api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA), Jumat, 28 Agustus 2021.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 28 Agu 2021, 08:03 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2021, 08:03 WIB
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport atau KA Bandara YIA sudah mulai beroperasi pada hari ini, Jumat 27 Agustus 2021.
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport atau KA Bandara YIA sudah mulai beroperasi pada hari ini, Jumat 27 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan melakukan soft launching pengoperasian Kereta api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA), Jumat, 28 Agustus 2021. Keberadaan KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh ke Yogyakarta.

"Kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi hanya 40 menit," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari siaran persnya, Sabtu (28/8/2021).

Menurut dia, setelah dilakukan soft opening akan segera dilanjutkan dengan pengoperasian secara komersial. Selanjutnya, Kemenhub akan menyiapkan tarif promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA.

"Sesuai Visi Misi Presiden yang harus kita laksanakan bahwa di masa pandemi ini kita tetap bergerak menyelesaikan pembangunan infrastruktur transportasi, jelas Budi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan KA Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid-19. Dia berharap dapat membantu meningkatkan perkonomian dan membantu aksesibilitas masyarakat yang ramah lingkungan.

"Yogyakarta adalah kota pelajar dan menjadi tujuan destinasi wisata strategis nasional. Sehingga KA Bandara ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini," tutur Luhut.

Gubernur DIY Hamengkubuwono X menuturkan kehadiran KA Bandara YIA ini akan menjadi transportasi kebanggaan masyarakat Yogyakarta. Dia ingin Bandara dan KA Bandara YIA ini dapat segera melayani penerbangan internasional.

"Dan dapat menjadi salah satu moda transportasi pilihan para wisatawan baik domestik maupun asing, untuk menikmati kota Yogyakarta yang merupakan kota budaya dan pariwisata," ucap dia.

Sebagai informasi, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian mulai membangun jalur KA ini pada tahun 2019. Adapun biaya investasi sekitar Rp. 1,1 Triliun, yang dimulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 Km.

Kalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1 km serta 16 unit konstruksi jembatan. Khusus untuk Stasiun KA di Bandara YIA dibangun oleh PT.AP I sedangkan fasilitas Stasiun KA Bandara disediakan oleh PT.KAI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beroperasi September 2021

Kemenhub telah memastikan aspek keselamatan dari ka Bandara ini, dengan melakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta safety assessment terhadap prasaran jalur ka bandara YIA.

Jika tidak ada aral melintang, KA Bandara YIA akan beroperasi secara komersial mulai September 2021. Untuk tarif pada saat awal operasional diberlakukan tarif promo sebesar 20 ribu rupiah.

Tarif ini sudah mendapat subsidi dari Pemerintah melalui skema Publik Service Obligation (PSO). Subsidi ini merupakan bentuk kehadiran Pemerintah dalam memberikan layanan angkutan massal agar bisa dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas.

Selain acara soft launching KA Bandara YIA, Menhub bersama Menkomarves dan Gubernur DIY juga meninjau kegiatan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan oleh TNI AU bersama dengan PT. Angkasa Pura I. Vaksinasi ini dilaksanakan dari tanggal 25-28 Agustus 2021 dengan target masyarakat di sekitar Kulonprogo maupun Purworejo sebanyak 3000 dosis vaksin perhari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya