5 Fakta Pensiunan Polisi di Semarang Mengamen Jadi Manusia Silver

Seorang pensiunan polisi di Kota Semarang, Jawa Tengah terjaring penangkapan saat sedang menjadi manusia silver. Diketahui pensiunan polisi tersebut adalah Aipda (purn) Agus Dartono (61).

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 27 Sep 2021, 15:30 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2021, 15:30 WIB
Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya
Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya (sumber: Instagram/jayalah.negriku)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pensiunan polisi di Kota Semarang, Jawa Tengah terjaring razia Satpol PP saat sedang mengamen menjadi manusia silver. Diketahui pensiunan polisi tersebut adalah Aipda (purn) Agus Dartono (61).

Kabar penangkapan pensiunan polisi yang menjadi manusia silver itu diketahui dari video viral di akun instagram @satusuaraexpressofficial.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy, kasus tersebut telah mendapat perhatian Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

"Sudah mendapat perhatian dari kapolda," ujar Iqbal seperti dikutip dari Antara, Minggu 26 September 2021.

Menurut Iqbal, Agus tinggal bersama istri di kawasan Candisari, Kota Semarang. Alasannya mengamen dengan berdandan menjadi manusia silver dikarenakan faktor ekonomi.

Agus malu meminta bantuan kerabat atau rekannya hingga akhirnya memutuskan menjadi manusia silver.

"Yang bersangkutan mengaku malu kalau meminta tolong kerabat atau rekan kerjanya," kata Iqbal.

Berikut 5 fakta pensiunan polisi yang viral di Semarang karena menjadi manusia silver dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Viral di Media Sosial

Potret Nenek Manusia Silver
Pagi jelang siang pada sudut toko perempatan lampu merah, Nenek Mumum mulai merias wajah dan tubuhnya dengan cat silver. (merdeka.com/Arie Basuki)

Selain di Tangerang Selatan, video penangkapan manusia silver juga ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Pasalnya, pengamen silver yang ditangkap itu adalah seorang pensiunan polisi.

Akun instagram @satusuaraexpressofficial seperti dilihat, Minggu 26 September 2021 mengunggah video detik-detik Satpol PP Kota Semarang menangkap sang manusia silver.

Awalnya manusia silver sedang berjalan di samping sungai. Tiba-tiba dua personel Satpol PP yang mengenakan kaos berwarna merah langsung menangkapnya.

Mengutip Solopos.com, manusia silver yang ternyata telah berusia senja ini berusaha melarikan diri. Namun ia akhirnya tertangkap beberapa petugas.

 


2. Identitas Terkuak Saat Terjaring Satpol PP

Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya
Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya (sumber: Instagram/jayalah.negriku)

Saat diinterogasi di Kantor Satpol PP Kota Semarang, terkuak identitas manusia silver tersebut. Ternyata ia merupakan pensiunan polisi.

Hal itu diketahui dari identitas kartu penduduknya. Manusia silver ini diketahui bernama Agus Dartono kelahiran Batang, Jawa Tengah.

"Semoga nasib bapak ini mendapat perhatian dari pimpinan Polri atas pengabdian terhadap bangsa dan negara," tulis keterangan caption akun instagram @satusuaraexpressofficial tersebut.

 


3. Kapolda Jateng Beri Perhatian

Potret Nenek Manusia Silver
Setiap hari ia naik ojek dari kontrakannya seharga Rpo 400 ribu/bulan di Cipondoh Tangerang ke kawasan Gaplek , Tangsel. (merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang pensiunan polisi di Kota Semarang, Jawa Tengah bernama Aipda (Purn) Agus Dartono (61) terpaksa menjadi manusia silver untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang turut terdampak pandemi Covid-19.

Dia rela mengecat tubuhnya dengan warna perak atau silver layaknya manusia logam dan menyusuri jalanan untuk mengais pundi-pundi rupiah dari warga yang melintas.

Nasib pensiunan polisi menjadi manusia silver ini terungkap saat ia terjaring razia penertiban Satpol PP.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, kasus tersebut telah mendapat perhatian Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

"Sudah mendapat perhatian dari kapolda," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu 26 September 2021.

 


4. Alasan Jadi Manusia Silver

Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya
Viral Purnawirawan Polri Jadi Manusia Silver, Ini 4 Faktanya (sumber: Instagram/jayalah.negriku)

Menurut Iqbal, kapolda telah mengirimkan bantuan sejumlah uang dan bahan kebutuhan pokok ke rumah purnawirawan polisi tersebut melalui stafnya.

Purnawirawan Polri yang pernah bertugas sebagai polisi lalu lintas (Polantas) itu terpaksa mencari nafkah dengan manjadi manusia silver lantaran terdesak kebutuhan ekonomi.

"Yang bersangkutan mengaku malu kalau meminta tolong kerabat atau rekan kerjanya," tambahnya.

 


5. Akan Diberi Pekerjaan

FOTO: Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Selama Pandemi
Sejumlah manusia silver bersiap untuk mencari uang di lampu merah kawasan Manggarai, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Tak hanya Kapolda Jateng, bantuan kepada Agus Dartono juga mengalir dari Polrestabes Semarang.

Menurut Iqbal, Agus dijadwalkan bertemu dangan Kapolrestabes Semarang untuk menerima bantuan serta tawaran pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

(Lesty Subamin)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya