Istana soal Surpres Calon Panglima TNI: Masih Ada Waktu Sampai Akhir November

Faldo Maldini mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih memiliki waktu untuk mengirim surat presiden (surpres) calon Panglima TNI ke DPR.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Okt 2021, 12:04 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2021, 12:04 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda kepangkatan sebagai Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12). Hadi Tjahjanto mengantikan Gatot Nurmantyo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg), Faldo Maldini mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih memiliki waktu untuk mengirim surat presiden (surpres) calon Panglima TNI ke DPR.

Adapun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021.

"Sejauh ini secara jadwal, semuanya masih aman, menunggu jadwal DPR sidang lagi. Kita masih ada waktu sampai masuk pensiun Panglima di akhir November nanti," kata Faldo kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Menurut dia, pemerintah masih memiliki banyak waktu untuk mencari perwira terbaik TNI pengganti Hadi Tjahjanto. Terlebih, kata Faldo, Panglima TNI nantinya memiliki tugas yang cukup berat.

"Masih ada waktu mencari perwira terbaik yang ingin mengorbankan dirinya untuk membawa Indonesia bangkit dari pandemi. Tugas berat ini," jelasnya.

Untuk itu, dia meminta semua pihak bersabar menunggu nama calon Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto. Faldo menyebut pemerintah saat ini juga masih fokus untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

"Kalau sudah tampak tanda-tandanya, nanti pasti langsung diumumkan, tidak mungkin diam-diam," ujar Faldo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Masuk DPR

Seperti diketahui, Presiden Jokowi belum juga menyerahkan surat presiden (surpres) nama calon Panglima TNI kepada DPR. Padahal, DPR akan memasuki masa resesnya pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengatakan bahwa surpres calon Panglima TNI akan dikirim secepatnya ke DPR. Pratikno mengaku sudah berkoordinasi dengan Ketua DPR RI Puan Maharani terkait surpres pengganti Panglima TNI.

"Tadi kami juga sudah koordinasi dengan ibu ketua DPR untuk pengusulan surat panglima itu, yang jelas kita akan lakukan secepatnya dan ada waktu bagi DPR," tutur Pratikno kepada wartawan, Rabu 29 Oktober 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya