Kasus Covid-19 di Tangerang Naik, Satgas: Masih Varian Delta Tidak ke Arah Omicron

Kebanyakan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Tangerang terpapar dari adanya aktifitas domestik, baik di tempat kerja di DKI Jakarta dan kawasan Bandara Soekarno - Hatta.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 19 Jan 2022, 16:41 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2022, 16:41 WIB
RSUD Tangerang Selatan Laksanakan Vaksinasi Booster untuk Lansia
Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga calon penerima vaksin COVID-19 dosis ketiga di RSUD Tangerang Selatan, Rabu (12/1/2022). Lebih dari 60 warga lanjut usia (lansia) Tangsel mendapatkan vaksinasi lanjutan (booster) COVID-19 dengan jenis Pfizer. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Angka penularan kasus Covid-19 di Tangerang mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, angka aktif di bawah 10, kini sudah ratusan pasien yang menjalani karantina mandiri ataupun di rumah sakit.

Untuk Kabupaten Tangerang, kasus harian Covid-19 mengalami lonjakan tajam dari 5 kasus per minggu, kini melonjak menjadi 20 sampai 30 kasus per hari.

"Saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang meningkat, yang sebelumnya hanya ditemukan sebanyak 5 kasus dalam seminggu, sekarang, dalam sehari itu kita bisa menemukan sebanyak 20-30 kasus yang dilaporkan. Walaupun nanti kita lakukan screening atau kita telusuri," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi dikonfirmasi, Rabu (19/1/2022).

Dia mengatakan, kebanyakan yang terkonfirmasi positif Covid-19 terpapar dari adanya aktivitas domestik, baik di tempat kerja di DKI Jakarta maupun kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

"Kalau rata-rata laporan yang masuk itu kebanyakan orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri dan sisanya banyak orang tertular dari area kerjanya seperti dari DKI Jakarta atau Bandara. Itu yang ditemukan terpapar Covid-19 masih jenis varian Delta jadi tidak mengarah ke arah Omicron," ucap Hendra.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus Omicron di Tangsel Alami Kenaikan

Kenaikan kasus positif Covid-19 juga terjadi di Tangerang Selatan (Tangsel). Kasus positif Omicron bertambah dua orang, dari sebelumnya lima orang menjadi tujuh orang.

"Sekarang jadi 7 yang terkonfirmasi Omicron. Saya terima laporannya kemarin ada penambahan 2," kata Benyamin.

Sementara, kasus aktif Covid-19 di Tangerang Selatan secara keseluruhan juga mengalami lonjakan tajam. Dengan angka kasus aktif menembus 69 berdasarkan data Selasa kemarin, pukul 17.00 WIB. 

Lalu di Kota Tangerang, Dinas Kesehatan setempat mulai mencatat adanya kenaikan kasus aktif Covid-19 di wilayahnya pada awal tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengatakan, pihaknya mencatat ada 177 kasus aktif Covid-19 sejak Selasa, 18 Januari. 

"Kemarin (17/1/2022) ada 25 kasus baru, yang dirawat atau aktif ini ada 177 kasus. Kalau kasus kan naik ya," kata dr Dini.

Menurutnya, ke-177 pasien tersebut semuanya tengah menjalani isolasi mandiri baik di rumah masing-masing maupun di fasilitas isolasi yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang.

"Semoga enggak ada yang dirawat di RS. Jadi 177 ada isolasi mandiri juga, mudah-mudahan jangan sampai seperti tahun lalu," papar Dini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya