Ucapkan Selamat Imlek, Anies: Semoga Jadi Penyemangat untuk Bersinergi

Anies mengatakan, shio Macan menjadi lambang ketangguhan, kekuatan serta keberanian dalam menerabas bermacam rintangan.

oleh Yopi Makdori diperbarui 01 Feb 2022, 10:45 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2022, 10:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2573 Kongzili.

"Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat. Selamat Tahun Baru Imlek ke-2573 Kongzili bagi seluruh warga Jakarta yang merayakan," ujar Anies dalam sebuah video yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya, Selasa (1/2/2022).

Imlek kali ini menandai peralihan dari tahun shio Kerbau Logam ke tahun shio Macan unsur Air. Anies berujar bahwa shio Macan menjadi lambang ketangguhan, kekuatan serta keberanian dalam menerabas bermacam rintangan.

"Kita berharap ragam unsur itu menjadi inspirasi, menjadi pesan penyemangat untuk kita semua, untuk terus sinergi, menjaga persatuan, mendorong kesuksesan dalam kita meraih kemajuan dan kebahagian bagi semua," pesan Anies.

Dengan begitu, menurut Anies diharapkan dapat menghadirkan rasa persaudaraan di tengah warga DKI.

"Semoga ragam makna dan rasa yang hadir dalam momentum penuh kemakmuran ini, bisa makin menguatkan rasa persaudaraan antar warga khususnya di Jakarta," katanya.

 


Jaga Protokoler Kesehatan

Malam Imlek
Warga Tionghoa memanjatkan doa sambil membawa hio (dupa) pada malam tahun baru Imlek2573 di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta, Senin (31/1/2022). Ibadah Imlek pada tahun ini dilakukan pembatasan sampai pukul 20.00 akibat pemberlakuan PPKM level tiga di Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan umat Konghucu untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan saat  merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Menurutnya, situasi pandemi Covid-19 saat ini masih membahayakan karena melonjaknya kasus varian Omicron.

Sebagai panduan prokes pada perayaan Imlek, Yaqut telah meneken Surat Edaran No SE 02 Tahun 2022 pada tanggal 25 Januari 2022. Dia meminta agar SE itu benar-benar dijalankan karena bertujuan memberikan rasa aman kepada umat Khonghucu dan masyarakat luas.

"Mari saling mengingatkan akan pentingnya menjaga prokes ini di berbagai kondisi termasuk saat merayakan Imlek," ujarnya.

Yaqut menekankan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan dalam setiap penyelenggaraan Imlek. Mulai dari, Persembahyangan Er Shi Sheng An (Hari Persaudaraan), Persembahyangan Chu Xi (Akhir Tahun), Persembahyangan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili, Persembahyangan Jing Tian Gong (kepada Tian/Tuhan), maupun Persembahyangan Shang Yuan/Yuanxiao/Cap Go Meh.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya