Kapolri Listyo Sigit Awasi Langsung Arus Balik Lebaran 2022

Kapolri meminta pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) contraflow jalan tol dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022 berjalan optimal.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Mei 2022, 16:52 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2022, 16:52 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimemwa)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengawasi langsung pengamanan dan penanganan arus balik Lebaran 2022. 

Jenderal bintang empat tersebut meninjau langsung pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) contraflow jalan tol dalam menghadapi arus balik Lebaran di Tol Cikampek KM 28, Jumat.

Seperti diketahui, diberlakukannya rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way telah dimulai pada 6 Mei hingga esok hari, Minggu 8 Mei 2022. Dimulai pada pukul 14.00 WIB dari KM 414 Kalikangkung Semarang hingga KM 47 Tol Cikampek, kemudian menerapkan contraflow hingga KM 28. 

Dalam peninjauan di ruas lajur terakhir contraflow tersebut, Sigit berdiskusi dengan personel kepolisian lalu lintas. Pada kesempatan ini, Kapolri memberikan pengarahan kepada jajaran yang bertugas di lapangan untuk mewujudkan arus balik yang aman dan lancar.

"Tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan optimal. Ikuti segala perkembangan yang ada. Selamat bertugas, ciptakan arus balik yang aman dan lancar bagi seluruh masyarakat," kata Sigit yang dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta dilansir Antara, Jumat, 6 Mei 2022.

Saat memantau titik yang ditinjau tersebut, lalu lintas arus balik Lebaran masih terkendali atau aman lancar. Kapolri mengatakan, masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi serta rambu-rambu.

Personel kepolisian yang bertugas juga terus melakukan penjagaan sepanjang waktu atau 1 x  24 jam penuh, mengarahkan seluruh pengendara yang melintas titik terakhir lajur contraflow tersebut.

 


One Way Berlaku Sampai Semanggi

Kapolri
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)

 Ketika meninjau arus balik di Pos Pengamanan Halim KM 3+500, Listyo juga telah menginstruksikan seluruh personel kepolisian untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Semua upaya dan strategi tersebut, kata Sigit, demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang kembali pulang usai merayakan Lebaran bersama keluarganya di kampung halaman.

"Tentunya seluruh anggota akan bersiap di lapangan dan melakukan evaluasi-evaluasi. Dengan demikian, proses arus balik yang saat ini sudah mulai berjalan, bahkan mulai tadi malam, semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata Kapolri.

Terkait rekayasa dengan sistem one way, Listyo berencana memberlakukannya sampai Jalur Semanggi, Jakarta.

Hal ini dilakukan apabila terjadi kepadatan kendaraan atau kemacetan pada saat arus balik Jakarta.

"Kita terus mengikuti perkembangan arus yang ada perkembangan-perkembangan penarikan kepala one way dari Kalikangkung dan ekornya," kata Sigit kepada wartawan di Pospam Km 3+500, Jumat 6 Mei 2022.

"Apabila arus baliknya padat akan ditarik ke KM 3.500 atau GT Halim, kalau dalam perkembangan kepadatan mau diurai maka akan kami tarik ekor One Way di gerbang Tol Semanggi," sambungnya.

Ia menjelaskan, salah satu alasan dilakukannya sistem satu arah (one way) karena adanya peningkatan kendaraan. Kebijakan ini sendiri diberlakukan sejak pukul 14.00 WIB. 

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022. (Foto:Liputan6/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya