Puan Soal Olly Dondokambey Jadi MenPAN-RB: Ya Gak Ya?

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey digadang akan masuk ke dalam kabinet Presiden Joko Widodo, menggantikan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo yang meninggal pada 1 Juli 2022.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 21 Agu 2022, 12:22 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2022, 12:22 WIB
Puan Berharap Vaksin untuk Anak 5-11 Tahun Bisa Normalkan Dunia Pendidikan
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto:Dok.DPR Ri)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey digadang akan masuk ke dalam kabinet Presiden Joko Widodo, menggantikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo yang meninggal pada 1 Juli 2022.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tidak menampik dan tidak pula membenarkan. Namun dia memastikan penggantinya akan membuat heboh.

“Ya engga ya? tapi yang pasti bikin kejutan!,” jelas Puan kepada wartawan di Kompleks GBK Jakarta, Minggu (21/8/2022).

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu pada Rabu pekan kemarin. Menurut Hasto, pertemuan itu membahas posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) yang masih kosong sejak peninggalan Almarhum Tjahjo Kumolo.

Hasto memastikan, sejumlah nama sudah disodorkan kepada Presiden Jokowi. Namun, nama-nama itu harus difinalisasi sebelum akhirnya dipilih atas persetujuan pemerintah dan partai.

“Secara khusus sudah disampaikan beberapa nama dan kemudian ada finalisasi dari beberapa nama itu, tapi jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan,” kata Hasto di Bentara Budaya Jakarta, Minggu 7 Agustus 2022.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif selama sepekan di RS Abdi Waluyo Jakarta. Tjahjo meninggal pada pukul WIB 11.10 WIB di rumah sakit tersebut pada Jumat 1 Juli 2022 dengan diagnosa infeksi yang menyebar ke paru-paru.

Kini terhitung sudah memasuki waktu 40 hari dari kematiannya. Sebagai partai tempatnya bernaung, PDIP sudah menerima persembahan kenang-kenangan berupa foto bung Karno, foto bu Mega milik almarhum yang nantinya akan ditaruh di sekolah partai Lenteng Agung Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teka-Teki Calon MenPAN-RB

Kongres V PDIP Siap Digelar
Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Diketahui, Kursi MenPAN-RB masih kosong pasca Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan PDIP memiliki banyak stok kader untuk mengisi kursi kosong tersebut.

Ia mencontohkan nama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Jadi kita banyak stok ada Pak Ganjar, ada Pak Olly sebagai gubernur, jadi kita banyak stok yang baik-baik,” kata Djarot di Kompleks Parlemen Senayan, Senin 4 Juli 2022.

Djarot menyatakan, pengganti akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, dari partai kewenangan ada di tangan Ketum Megawati Soekarnoputri.

“Ini kewenangan dari presiden. Kalau untuk penugasan partai, itu kewenangan dari Ketum. Jadi saya nanya, menurut situ, saya yakin, Ibu Mega, Pak jokowi, pasti memahami lah yang terbaik itu siapa. Yang paling cocok siapa,” kata dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya