Nasdem Sebut 3 Nama Capres Hasil Rakernas Bisa Berubah

NasDem mencari pula tokoh yang bisa meneruskan pembangunan era Presiden Joko Widodo.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Agu 2022, 07:14 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2022, 07:14 WIB
Nasdem
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny Plate di Hotel Sultan, Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta Partai NasDem menyebut tiga nama capres hasil Rakernas belum tentu disokong dalam Pilpres 2024. Ketiga nama capres tersebut adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa,

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, tiga nama hasil Rakernas itu bisa saja berubah. Sebab situasi politik sangat dinamis. Nama yang terpilih tergantung hasil keputusan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Ketua Umum nanti menilai situasi di dalam dinamika perkembangan politik nasional kita menuju 2024 sebagai bagian dari grand design kebangsaan Indonesia," ujar Johnny di NasDem Tower, Jakarta, Senin 22 Agustus 2022.

Bagi NasDem, koalisi dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden harus dalam satu paket. Maka NasDem memberikan mandat sepenuhnya kepada ketua umum untuk menentukan koalisi dan calon presiden.

"Dalam perkembangannya ketua umum melihat dinamika politik gimana perkembangan ini. Perkembangan membangun koalisi semangat membangun koalisi tidak saja stop di pilpres," papar Johnny.

NasDem mencari pula tokoh yang bisa meneruskan pembangunan era Presiden Joko Widodo. NasDem dan PDIP misalnya sudah mendukung Jokowi selama dua periode penuh. Pekerjaan yang telah dirintis harus diteruskan.

"Kalau NasDem ada misinya kontinuitas pembangunan yang dirintis Pak Jokowi. Kami bersama PDIP kan mendukung dua periode Pak Presiden 10 tahun ini. Pekerjaan itu harus diteruskan," jelas Johnny.

"Di tengah ada interupsi. Interupsi dua hal besar pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina. Kontinuitas harus dijaga jangan hanya semuanya siapa calon," pungkas Menkominfo ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duetkan Anies-Puan

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengatakan, pihaknya mempertimbangkan akan memasangkan Ketua DPR yang juga politikus PDIP Puan Maharani dengan calon presiden yang diusungnya.

Dia menuturkan, dari tiga nama yang menjadi hasil Rakernas NasDem, nama Gubenur DKI jakarta Anies Baswedan bisa berpeluang untuk diduetkan.

"Kemarin kan sudah mencalonkan salah satu kader PDIP, Ganjar. Bisa jadi ada kerja sama di situ. Bisa juga jadi hal lain, bisa jadi nanti Anies dengan Puan, Puan dengan Anies bisa juga jadi dengan yang lain-lain," ujar Ali di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Meski demikian, Duet ini belum dibahas ketika Puan dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh bertemu. Tidak ada pembahasan teknis capres-cawapres dalam pertemuan.

"Tapi di pertemuan tadi itu belum terjadi diskusi hal hal yang teknis seperti itu," kata Ali.

Lebih lanjut, karena pertemuan pertama NasDem perlu membuka komunikasi lebih jauh dengan PDIP.

Apakah arahnya akan mengusung Ganjar atau Puan. NasDem juga belum tahu arah partai berlambang banteng bermoncong putih itu akan mengusung siapa di Pemilu 2024 karena masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita juga belum tahu kebijakan PDIP karena arahan ketua umumnya," kata Ali.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis NasDem dan Gerindra Jadi Sentral Pembentukan Poros Koalisi Baru? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis NasDem dan Gerindra Jadi Sentral Pembentukan Poros Koalisi Baru? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya