Survei Populi: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Unggul Tipis dari Anies Baswedan

Lembaga Survei Populi Center menyampaikan hasil survei nasional terkait elektabilitas tokoh politik maunpun pejabat publik jelang Pemilu 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 26 Okt 2022, 15:40 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 15:40 WIB
Susi Pudjiastusi dan Anies Baswedan Lomba 17 Agustusan
Masih ada satu catatan menarik dari perayaan HUT RI ke-77 pekan lalu. Sejumlah politikus hingga tokoh publik ikut lomba dari balap karung, makan kerupuk hingga tarik tambang. Mereka yakni Susi Pudjiastuti, Anies Baswedan, Erick Thohir, Ridwan Kamil, serta Ganjar Pranowo. Lomba ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro Jakarta. Wah, hadiahnya apa ya? (Foto: Dok. Instagram @aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Populi Center menyampaikan hasil survei nasional terkait elektabilitas tokoh politik maunpun pejabat publik jelang Pemilu 2024.

Hasilnya, elektabilitas Politikus PDIP Ganjar Pranowo tertinggi disusul Anies Baswedan dengan selisih poin sangat sedikit yakni 0,5 persen.

“Saat masyarakat ditanya siapakah yang akan dipilih apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini, Ganjar Pranowo menjadi yang paling banyak dipilih dengan 29,7 persen, diikuti Anies Baswedan dengan 29,2 persen, dan Prabowo Subianto dengan 27,6 persen,” kata peneliti Populi Olivia Prastiti dalam rilis daring, Rabu (26/10/2022).

Sementara itu terkait Elektabilitas tokoh untuk bakal cawapres, Olivia menyebutkan posisi teratas adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disusul Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi ketiga.

“Ketika masyarakat ditanya dari sebelas tokoh siapa yang paling diharapkan untuk menjadi Wakil Presiden pada tahun 2024, masyarakat paling banyak menjawab Ridwan Kamil (17,1 persen), kemudian disusul Sandiaga Salahuddin Uno (15,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (12,3 persen),” kata Olivia.

Sementara Jenderal Andika Perkasa di posisi empat (8,3persen), Erick Thohir (7,8 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (7,3 persen).


Soal Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres

Senyum Anies Baswedan Saat Resmi Diusung Partai Nasdem Jadi Capres di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpelukan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, terkait pengusungan Anies Baswedan oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai bagian dari koalisi pemerintahan saat ini, sebesar 41,9 persen masyarakat menilai tindakan tersebut etis.

“Sedangkan sebesar 20,2 persen menganggap tindakan tersebut tidak etis. Adapun sebesar 37,9 persen menolak menjawab pertanyaan ini,” pungkasnya.

Adapun survei dilakukan dengan wawancara tatap muka mulai dari tanggal 9hingga 17 Oktober 2022. Besaran sampel adalah 1.200 responden, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error + 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh
Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya