Cuaca Hari Ini Jumat 28 Oktober 2022: Jakarta Pagi Cerah Berawan, Siang Hujan

Seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan cerah berawan pada pagi hari ini. Namun siang nanti, sebagian wilayah Ibu Kota berpotensi turun hujan disertai petir dan angin kencang.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 28 Okt 2022, 06:20 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 06:20 WIB
Cuaca Ekstrem Melanda Jakarta
Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan deras mengguyur kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini dipengaruhi oleh kemunculan bibit siklon tropis 92S di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca cerah berawan akan menyelimuti seluruh wilayah DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu pada hari ini Jumat (28/10/2022) pagi.

Namun pada siang nanti, sebagian wilayah Ibu Kota diprediksi turun hujan disertai petir dan angin kencang. Hujan bahkan diperkirakan akan berlangsung hingga menjelang malam. 

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari di wilayah Jaksel dan Jaktim," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Rabu. 

Kemudian pada malam harinya, langit Jakarta kembali berawan.

Kondisi serupa juga terjadi di sejumlah daerah penyangga Jakarta yang meliputi Bogor, Depok, dan Bekasi yang diperkirakan cerah berawan pada pagi ini. Sedangkan Tangerang cerah di pagi hari.

Cuaca cerah berawan akan bertahan hingga siang hari di wilayah Depok dan Bekasi. Sementara wilayah Bogor dan Tangerang akan diprediksi hujan ringan. 

Malam harinya, wilayah Bekasi, Depok, dan Bogor diperkirakan akan berawan. Sementara Tangerang cerah.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
Jakarta Barat Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Jakarta Pusat Cerah Berawan Berawan Berawan
Jakarta Selatan Cerah Berawan Hujan Petir Berawan
Jakarta Timur Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Jakarta Utara Cerah Berawan Berawan Berawan
Kepulauan Seribu Cerah Berawan Berawan Berawan
Bekasi Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Depok Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Bogor Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Tangerang Cerah Hujan Ringan Cerah

Antisipasi Cuaca Ekstrem, ASN di Jakarta Dilarang Cuti

Cuaca Ekstrem Diperkirakan hingga Akhir Oktober
Kendaraan melintas saat hujan di Pedesterian Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (15/10/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan adanya potensi cuaca ekstrem terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia pada 15 hingga 21 Oktober 2022. Karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengaku telah menerima surat dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) soal larangan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hingga Februari 2023.

Isnawa menyatakan, larangan cuti itu sebagai upaya antisipasi menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan bakal melanda Jakarta.

Hal ini diungkapkan Isnawa dalam diskusi bertajuk Musim Hujan dan Keselamatan Warga di Novotel Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2022).

"Kalau yang saya terima, saya menerima surat dari BKD tanda tangan Bu Maria. Tapi saya yakin dan percaya pasti mungkin ini arahan dari pimpinan lah ya," kata Isnawa.

Isnawa menyatakan tidak tahu pasti apakah arahan itu diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono atau Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

Kendati demikian, Isnawa meyakini larangan cuti yang diberikan kepada ASN Pemprov DKI guna memberikan fokus pada petugas dan pejabat yang berada di dinas-dinas terkait.

"Saya enggak tau pastinya, apakah Pak Sekda apa Pak Pj Gubernur artinya untuk memberikan fokus kepada petugas-petugas, pejabat-pejabat yang memang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan masalah antisipasi cuaca ekstrem," jelas Isnawa.

Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya