Deklarasi Nasional Relawan, Berharap Menjamur Para Pendukung Anies Baswedan

Anies Baswedan juga akan turut hadir untuk membawakan Pidato Kebangsaan yang menyerukan seluruh relawan dan kelompok pendukungnya untuk bersatu padu.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 02 Nov 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 13:00 WIB
Senyum Anies Baswedan Saat Resmi Diusung Partai Nasdem Jadi Capres di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Relawan IndonesiAnies akan mendeklarasikan dukungannya secara nasional terhadap Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Juru Bicara Relawan IndonesiAnies, Ajis Talaohu, mengklaim acara yang akan dilangsungkan pada sore hari ini akan didatangi  ribuan peserta dan puluhan elemen relawan Anies Baswedan  dari pelbagai elemen. 

"Mereka telah menyatakan bakal hadir dalam Deklarasi Nasional Relawan IndonesiAnies di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta," kata Ajis  dalam keterangan pers diterima, Rabu (2/11/2022). 

Ajis mengaku optimis dengan hadirnya puluhan kelompok relawan pada deklarasi sore nanti, maka akan berangsur-angsur semakin banyak lagi dukungan yang hadir untuk sang mantan gubernur DKI tersebut untuk membentuk kelompok senada di tiap wilayahnya masing-masing. 

"Deklarasi Nasional ini mendorong lahirnya kelompok-kelompok relawan Anies Baswedan," yakin Ajis. 

Dalam deklarasi sore nanti, lanjut Ajis, Relawan IndonesiAnies akan mengusung prinsip ‘Merawat Semangat Kebangsaan, Meretas Jalan Keadilan’. Tema ini adalah sebuah pesan terbuka kepada siapapun dan dari latar belakang apapun untuk bisa bergabung bersama.  

"Diharapkan mereka yang bergabung tidak hanya akan sebatas mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden, tapi juga bersedia mengedukasi publik untuk mengedepankan politk yang santun dalam kontestasi politik Pilpres 2024," dorong Ajis. 

Ajis menyebut, deklarasi Nasional ini akan disiarkan langsung melalui stasiun tv swasta nasional secara langsung pukul 16.00-17.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Akan Hadir dalam Deklarasi Nasional

Senyum Anies Baswedan Saat Resmi Diusung Partai Nasdem Jadi Capres di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nantinya, Anies Baswedan juga akan turut hadir untuk membawakan Pidato Kebangsaan yang menyerukan seluruh relawan dan kelompok pendukungnya untuk bersatu padu dan mengikuti instruksi dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu.  

"Deklarasi ini akan menjadi momentum berjalannya pesta demokrasi yang kita rayakan dalam bingkai keindonesiaan," Ajis memungkasi. 

Tidak hanya dari Relawan IndoesiAnies, saat deklarasi nasional nanti sejumlah elemen relawan yang juga mendukung Anies Baswedan untuk 2024 juga akan hadir.

Mereka adalah JABAR MANIES, ANIES SERASI,  RELAWAN ANIES, GEMAKOPIN, Bekasi Raya Manies, GAMIES Indonesia, BARAYA ANIES, AniesRB, REKANAN (REKAN ANIES BASWEDAN), AFPI (Anies For Presiden Indonesia), Anies For President (AFP), Abah Emas 24, Inpres hingga Manies Indonesia ( Mak - Mak Anies ). 

Sebagai informasi, Relawan IndonesiAnies adalah organisasi mandiri yang didirikan oleh kalangan pengusaha muda dari seluruh Indonesia. Sebelum yakin mendukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024, mereka kerap melakukan Focus Group Discussion (FGD) di banyak lokasi dan mendiskusikan berbagai tema besar yang dianggap urgen bagi bangsa, seperti soal pluralitas, trajektori perjalanan bangsa, ikatan kebangsaan, dan keadilan.


Anies Baswedan Singgung Ada Parpol Tak Punya Daya Tahan Tinggi

Momen Perpisahan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria di Balaikota Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat acara perpisahan di Balai Kota, Jakarta pusat, Minggu (16/10/2022). Pemprov DKI Jakarta bersama relawan menggelar acara perpisahan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir tepat hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, bakal calon presiden yang diusung NasDem, Anies Baswedan menyinggung ada partai politik yang tak mempunyai daya tahan yang tinggi dalam menjalani kerja sosial di masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya menjadi narasumber di acara pelatihan relawan advokasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Minggu, 30 Oktober 2022. Anies diketahui hadir sebagai Founder Indonesia Mengajar.

"Ada partai yang enggak sanggup untuk berkali-kali. Yang engga berkali-kali itu, sekali kerjakan pasang labelnya habis itu sudah tidak pernah kembali lagi," kata Anies.

Namun, dia menegaskan, itu bukanlah PKS. Karena diyakininya mempunyai daya tahan tinggi.

"Ini kalau buat teman-teman PKS barangkali daya tahannya tinggi. Sanggup untuk itu," tutur Anies.

Karena itu, dia berharap agar PKS tak mengikuti pola kerja yang seperti itu. Sebab, kegiatan sosial harus dipandang sebagai peristiwa yang dikerjakan secara berulang-ulang untuk membentuk persepsi publik.

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya