Dari Kebakaran, Pohon Tumbang hingga Banjir, 1.409 Bencana Terjadi di Jakarta Selama 2022

Isnawa menjelaskan, hasil penghitungan perkiraan nilai kerusakan dan kerugian pasca kebakaran di sektor pemukiman selama 2022 ditaksir mencapai Rp 130,6 miliar lebih.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Jan 2023, 08:59 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2023, 08:59 WIB
Cuaca Ekstrem, Banjir Rob Landa Pelabuhan Muara Baru
Sejumlah kapal bersandar saat banjir rob di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022). Banjir ROB, hujan deras dan cuaca buruk melanda kawasan Pelabuhan Muara Baru saat siang menjelang sore hari. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Provinsi (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat, selama 2022 telah terjadi 1.409 kejadian bencana di Jakarta. Kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengungkapkan,  selama periode Januari hingga Desember 2022 tercatat telah terjadi 642 peristiwa kebakaran, 127 banjir, 642 pohon tumbang, 197 jalan tergenang, 13 angin kencang, 14 tanah longsor dan dua kejadian gempa bumi yang getarannya terasa sampai ke Jakarta.

Kemudian, terjadi pula 37  bencana lain seperti bangunan roboh, orang tenggelam, kapal tenggelam dan lain-lain.

"Peristiwa kebakaran pada gedung dan permukiman menjadi jenis bencana tertinggi yang terjadi sepanjang  2022, dan terbanyak terjadi pada  Agustus dengan 71 kejadian," kata Isnawa Adji, Minggu, 1 Januari 2022.

Isnawa menjelaskan, hasil penghitungan perkiraan nilai kerusakan dan kerugian pasca kebakaran di sektor pemukiman selama  2022 ditaksir mencapai  Rp 130,6 miliar lebih.

Untuk bencana banjir, lanjut Isnawa, paling sering terjadi pada Oktober sebanyak 19 kejadian. Demikian juga jalan tergenang sebanyak 62 kejadian.

"Hal ini dipicu, karena Oktober menjadi waktu peralihan dari musim kemarau menjadi musim penghujan," ucap Isnawa seperti dilansir dari beritajakarta.id.

Sedangkan untuk kejadian bencana angin kencang tertinggi terjadi pada Maret sebanyak lima kejadian, berbanding lurus dengan kejadian pohon tumbang tertinggi terjadi pada bulan yang sama sebanyak 133 kejadian.

 


Waspada Segala Potensi Bencana

Cuaca Ekstrem, Banjir Rob Landa Pelabuhan Muara Baru
Nelayan melintasi banjir rob saat cuaca ekstrem di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022). Banjir ROB, hujan deras dan cuaca buruk melanda kawasan Pelabuhan Muara Baru saat siang menjelang sore hari. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Isnawa berpesan agar masyarakat dapat mewaspadai seluruh potensi bencana yang ada di Jakarta. Dia juga mengapresiasi sinergisitas  unsur pentahelix melalui Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) baik dari segi sumber daya manusia, logistik, dan dukungan lainnya.

"Saya berpesan bagi masyarakat untuk kenali ancamannya dan kurangi risikonya. Kolaborasi ini menjadi ikhtiar bersama dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Tangguh Bencana,” pungkas Isnawa.

Sebagai informasi, BPBD Provinsi DKI Jakarta juga turut terlibat dalam misi kemanusiaan membantu masyarakat daerah lain yang tertimpa bencana sepanjang tahun 2022 dengan mengirimkan Satgas Kolaborasi Penanganan Bencana untuk kejadian gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat (Sumbar), Kabupaten Pandeglang (Banten), Kabupaten Cianjur (Jabar), serta erupsi dan guguran awan panas Gunung Semeru Kabupaten Lumajang (Jatim).

Infografis Ragam Tanggapan Jakarta hingga Papua Terancam Banjir Rob dan Gelombang Tinggi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Jakarta hingga Papua Terancam Banjir Rob dan Gelombang Tinggi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya