Street Race Polda Metro di Kemayoran, Diikuti 1.124 Peserta dari Jawa - Sumatera

Polda Metro Jaya kembali menggelar ajang balap motor jalanan atau street race. Balap jalanan seri kelima ini kembali digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Jan 2023, 02:18 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2023, 02:18 WIB
Street Race Polda Metro Jaya di Ancol
Ilustrasi - Pebalap memacu sepeda motor saat mengikuti Street Race Polda Metro Jaya di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Sebanyak 350 pebalap turut meramaikan balap jalanan bersama komunitas Street Race di Ancol. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya kembali menggerar balap motor jalanan atau street race di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023). Street race seri kelima ini diikuti oleh 1.124 dari berbagai daerah di Jawa hingga Sumatera.

"Balapan ini semakin hari semakin banyak kemajuan. Jumlah peserta tadinya dari Jabodetabek, sekarang juga dari luar Jabodetabek bahkan dari luar Jawa," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat membuka Street Race Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Selain dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), balapan jalanan ini juga diikuti peserta dari Bali, Banten, Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung, Lampung, NTT, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Fadil menyebut, balapan sepanjang 500 meter itu merupakan ajang terbesar balapan yang mengakomodasi pebalap motor liar menjadi legal di Tanah Air.

"Ini luar biasa dan sebuah bentuk penghargaan nyata komunitas pecinta kecepatan tinggi kepada Polda Metro Jaya. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta," ucap jenderal bintang dua itu, seperti dikutip dari Antara.

Ia juga meyakini ajang balap motor itu dapat mengurangi balapan liar baik dari lokasi yang kerap digunakan hingga jumlah balapan liar.

"Bagi kami yang menjadi perhatian adalah bagaimana jumlah balapan liar dikurangi dan keselamatan jiwa serta mendekatkan komunitas dengan polda yang tadinya mereka tidak begitu kenal sekarang justru bisa mengedukasi," ucap Fadil.

 


Dalam Rangka HUT Polda Metro Jaya

Momen Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menjajal trek Street Race di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Momen Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menjajal trek Street Race di Kemayoran, Jakarta Pusat. (Dok. Merdeka.com)

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Latif Usman menjelaskan balap motor dalam rangka memperingati HUT ke-73 Polda Metro Jaya ini juga dimeriahkan oleh bazar UMKM, kompetisi tinju, dan kontes modifikasi motor gaya bebas.

"Juga ada edukasi safety riding (berkendara aman) selama pelaksanaan street race 27-29 Januari 2023," katanya

Balapan motor itu awalnya diadakan di Ancol pada 15 Januari 2022 dengan menarik 347 peserta dari Jabodetabek.

Balapan kemudian dilanjutkan di BSD, Tangerang Selatan yang diikuti 688 peserta dan di Meikarta Bekasi diikuti 308 peserta berasal dari Jabodetabek dan provinsi di Jawa.

Selain itu, pada ajang keempat diadakan di Kemayoran pada 4-5 September 2022 yang diikuti 1.285 peserta.

Pada pembukaan l ajang kelima di Kemayoran tahun ini, juga dihadiri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang sempat menyaksikan ajang balapan meski kawasan Jakarta diguyur hujan deras.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya