Meluap Kali Cikeas, Ratusan Makam di TPU Jatisari Bekasi Terendam Banjir

Ratusan makam di Taman Pamakaman Umum (TPU) Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir setinggi mencapai 40 sentimeter. Banjir disebabkan meluapnya Kali Cikeas akibat kiriman air dari Bogor.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 20 Mar 2023, 03:45 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 03:45 WIB
Puluhan Rumah di Gang Cue Bekasi 5 Bulan Terendam Banjir
Kondisi banjir yang merendam Gang Cue, Jalan Ir Juanda, Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023). Banjir menyebabkan banyak bangunan rusak. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Ratusan makam di Taman Pamakaman Umum (TPU) Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir setinggi mencapai 40 sentimeter. Banjir disebabkan meluapnya Kali Cikeas akibat kiriman air dari Bogor.

Banyaknya makam yang terendam, membuat sejumlah peziarah di TPU terpaksa pulang kembali hingga menunggu banjir sepenuhnya surut.

Selain merendam ratusan makam, derasnya banjir juga menyebabkan sejumlah nisan dan kotak pembatas antar makam, hanyut dan hilang terbawa air.

"(Banjir) sekitar jam 8 pagi," kata Ahmad Sata, petugas parkir TPU Jatisari, Minggu (19/3/2023).

Menurutnya, banjir di sekitaran TPU kerap terjadi akibat luapan Kali Cikeas yang tak bisa lagi menampung air kiriman dari Bogor.

"Di sini hujan seminggu juga gak ada banjir (kalau tak ada kiriman air dari Bogor)," ungkap Ahmad.

Kondisi yang rutin terjadi ini membuat warga khawatir jika tembok pembatas pemakaman akan longsor sewaktu-waktu.

Karenanya warga berharap pemerintah daerah dapat mengantisipasi dengan membangun segera tembok pembatas di bantaran Kali Cikeas.

Sebelumnya, Hampir seluruh langit pagi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca besok, Minggu 19 Maret 2023.

Berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca di Jakarta pada siang harinya, juga hampir seluruh wilayah diprediksi cerah berawan, kecuali Jakarta Selatan yang mengalami hujan berintensitas ringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bekasi Sempat Diperkirakan Hujan Ringan

Untuk Bekasi, Jawa Barat, diprakirakan hujan ringan pada siang hari dan malamnya berawan.

Berbeda di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, waspada hujan lebat diprediksi mengguyur pada siangnya, malam hari hujan ringan.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan terjadinya angin kencang pada rentang waktu antara siang hingga malam hari disebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi," papar BMKG.

Di Kota Tangerang, Banten, siang hari juga diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, malamnya berawan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya