Polri Siap Amankan Kepulangan Kepala Negara dan Delegasi KTT ASEAN 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya siap mengamankan kepulangan Kepala Negara dan Delegasi peserta KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 11 Mei 2023, 14:37 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 14:37 WIB
Warna Warni Kain Songke Manggarai Hiasi Tubuh Pemimpin Asia Tenggara di Perhelatan KTT ke-42  Asean
Para pemimpin negara ASEAN tampak mengenakan baju tenun songke Manggarai. (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya siap mengamankan kepulangan Kepala Negara dan Delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Seluruhnya akan kembali ke negara asalnya setelah melalui seluruh rangkaian acara hari ini, Kamis (11/5/2023).

"Saya kira tadi pagi kita sudah melaksanakan evaluasi dari beberapa kegiatan kemarin. Tentunya memang akan terjadi kepadatan karena memang kepulangannya berbeda-beda, ada yang masih melaksanakan kegiatan dan mungkin juga masih ada yang stay untuk menikmati indahnya Labuan Bajo," tutur Listyo di Command Center 91, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Listyo menyebut, dalam proses pengamanan kepulangan Kepala Negara dan Delegasi KTT ASEAN 2023, pihaknya berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, termasuk Paspampres yang berada di ring 1 pengamanan.

"Tentunya anggota kita telah melakukan langkah-langkah persiapan perencanaan dan juga koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dengan rekan-rekan dari Paspampres dari ring 1, sehingga terkait kegiatan yang ada atau tiba-tiba ada perubahan rencana bisa diinformasikan lebih cepat sehingga kita pun bisa segera menyesuaikan," jelas dia.

Lebih lanjut, meski jadwal kepulangan para Kepala Negara dan Delegasi berbeda, Polri akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan seluruh kegiatan yang ada.

"Khususnya terkait dengan kegiatan di venue yang saat ini masih berlangsung dan juga kepulangan dari seluruh rombongan," Listyo menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hari Terakhir KTT ke-42 ASEAN 2023, Jokowi Pimpin 2 Pertemuan

Konferensi pers oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menlu Retno Marsudi dan Mensesneg Pratikno usai KTT ke-42 ASEAN 2023 di Media Center, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/5/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)
Konferensi pers oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno usai KTT ke-42 ASEAN 2023 di Media Center, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/5/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Hari terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, Presiden RI Joko Widodo akan memimpin dua dari tiga pertemuan yang digelar hari ini, Kamis (11/5/2023). 

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Hari ini merupakan hari kedua dan terakhir dari KTT ke-42 ASEAN di mana akan berlangsung tiga pertemuan," ujar Teuku Faizasyah, Kamis (11/5/2023).

Dua pertemuan yang akan dipimpin Kepala Negara Indonesia adalah Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). 

Sementara satu pertemuan, yaitu Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ini dipegang oleh Malaysia. Ketiga pertemuan akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Seperti diketahui, hari pertama pelaksanaan KTT ASEAN 2023, Presiden Joko Widodo telah memimpin lima pertemuan yaitu Opening and Plenary Session, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community's Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Keseluruhan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023, yang dihadiri delapan pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste, akan ditutup dengan konferensi pers oleh Presiden Joko Widodo di Media Center, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023). 

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya