Pengamat UI: Kaesang ke Depok Jadi Tantangan Menarik untuk PKS

Dosen Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia (UI), Panji Anugrah Permana, menilai, kehadiran Kaesang Pangarep pada Pilkada Kota Depok akan menjadi tantangan besar bagi petahana di Kota Depok.

oleh Jonathan Pandapotan PurbaDicky Agung Prihanto diperbarui 12 Jun 2023, 21:56 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 19:00 WIB
Konferensi Pers Piala Presiden 2022
Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep, memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (6/6/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Dosen Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia (UI), Panji Anugrah Permana, menilai, kehadiran Kaesang Pangarep pada Pilkada Kota Depok akan menjadi tantangan besar bagi petahana di Kota Depok.

Depok selama hampir 20 tahun dikuasai PKS. Hal itu dikarenakan selain mengandalkan mesin politik, PKS juga memanfaatkan figure atau ketokohan.

“Selama ini partai lain bukan tidak mampu, tapi mungkin mereka tidak punya figur yang begitu kuat untuk mendongkrak elektabilitas dari si figur itu,” ujar Panji kepada wartawan, Senin (12/6/2023).

Panji menjelaskan kurangnya figur dari partai lain membuat persaingan selalu dimenangkan PKS. “Jadi ini sesuatu yang menarik kalau misalkan Kaesang jadi maju,” ucap Panji.

Panji menjelaskan, Kaesang maju pada Pilkada Kota Depok selain mempresentasikan dirinya, Kaesang akan merepresentasikan figur dari Presiden Joko Widodo. Kaesang maju pada Pilkada Kota Depok akan menjadi tawaran menarik pada partai lain seperti PDI Perjuangan, Gerindra atau partai di luar PKS.

“Ini tentu menjadi suatu hal yang menarik dan tantangan menarik juga buat PKS di Kota Depok,” jelas Panji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tantangan Baru

Panji mengungkapkan, PKS selama ini memimpin eksekutif karena mampu menjadi pemenang di Kota Depok beberapa periode. Dengan hadirnya Kaesang, akan menjadi tantangan baru untuk PKS pada Pilkada Kota Depok 2024.

“Kita tahu periode ke depan ini kan akan dimulai dengan Pilkada Depok tanpa petahana,” ungkap Panji.

Tanpa menyampingkan Wakil Wali Kota Depok saat ini, Imam Budi Hartono yang merupakan kader PKS, partai tersebut belum mengeluarkan pernyataan pada Pilkada Kota Depok 2024, akan mengusung Imam Budi Hartono kembali atau tidak.

“Apakah Wakil Wali Kota Depok yang dari PKS akan running, kita enggak tahu apakah sudah disiapkan oleh PKS,” ucap Panji.

Panji menuturkan, konteks Pilkada Kota Depok 2024 tanpa petahana akan memungkinkan situasi lebih mencair pada persaingan.

“Kompetisi Pilkada tanpa pertahanan itu akan memungkinkan situasi yang lebih cair dalam konteks persaingan ya,” pungkas Panji.

 

Infografis Respons PDIP Usai Kaesang Pangarep Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Respons PDIP Usai Kaesang Pangarep Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya