Progres Pembangunan Kawasan Stasiun Batu Tulis Bogor Capai 33 Persen

Penataan kawasan Stasiun Batu Tulis meliputi area parkir, peron, penambahan ruang tunggu serta akses keluar masuk penumpang, jalur penyeberangan orang (JPO), dan renovasi bangunan heritage tempat pertama kali Kepala Stasiun Batu Tulis berkantor.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 16 Jun 2023, 10:18 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 10:18 WIB
Batu Tulis
Progres pembangunan underpass dan penataan kawasan Stasiun Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, sudah mencapai 33 persen. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Progres pembangunan underpass dan penataan kawasan Stasiun Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, sudah mencapai 33 persen. Proyek Kementerian Perhubungan ini ditargetkan rampung November 2023.

Kegiatan kontruksi yang saat ini tengah dikerjakan diantaranya penambahan shelter dan peron, pembangunan turap di Jalan Batu Tulis hingga belakang Istana Batu Tulis.

"Saat ini sedang pengerjaan penambahan peron dan proteksi tebing untuk mencegah longsor," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat, Chandrawan Adhiputranto, Kamis 15 Juni 2023.

Penataan kawasan Stasiun Batu Tulis meliputi area parkir, peron, penambahan ruang tunggu serta akses keluar masuk penumpang, jalur penyeberangan orang (JPO), dan renovasi bangunan heritage tempat pertama kali Kepala Stasiun Batu Tulis berkantor.

"Bangunan heritage (bekas kantor kepala stasiun) kita diperbaiki, lalu akan dijadikan semacam kafe khusus calon penumpang kereta," ucapnya.

Tak hanya itu, di kawasan yang penuh bangunan bersejarah ini juga akan dibangun underpass untuk mengatasi kemacetan akibat adanya perlintasan sebidang rel kereta api di Jalan Saleh Danasasmita.

"Underpass akan dibangun di Jalan Batakal, sekitar 100 meter dari perlintasan tidak sebidang yang ada saat ini," kata Chandrawan.

Ia menerangkan penataan kawasan Batu Tulis ini bukan hanya untuk kenyamanan calon penumpang kereta api relasi Bogor-Sukabumi, tapi juga pengguna jalan. Desain penataan sendiri perpaduan gaya modern dan heritage, untuk memberi kesan cantik dan mewah.

"Pengerjaannya satu paket antara jalur perlintasan langsung (JPL.10) dan penataan Stasiun Batu Tulis," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stasiun Batu Tulis Telan Anggaran Rp 74 Miliar

Untuk pembangunan underpass dan penataan kawasan Stasiun Batu Tulis, kata dia, menelan anggaran sebesar Rp74 miliar.

"Pembangunan penataan kawasan ini ditargetkan selesai November 2023 mendatang," kata Chandrawan.

Chandrawan mengatakan pembangunan kawasan ini terus digeber sehingga pihak BTP Wilayah Jawa Bagian Barat optimis bahwa pengerjaan dapat selesai sesuai dengan rencana. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya