PAN Perjuangkan Kebijakan Konkret Bantu UMKM Berkembang

PAN terus memberi literasi UMKM, contohnya digitalisasi sehingga Para pelaku UMKM Indonesia tidak tertinggal dari negara lainnya.

oleh Elza Hayarana Sahira diperbarui 02 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 15:56 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan bersama sejumlah kader PAN. (Istimewa)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan bersama sejumlah kader PAN. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) terus memperjuangkan kebijakan konkret untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi lebih maju. Salah satunya dengan mendorong digitalisasi UMKM.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jawa Timur (DPW PAN Jatim), Ahmad Rizki Sadig menyampaikan akan memantau dari berbagai aspek khususnya UMKM lebih maksimal dalam memanfaatkan platform digital yang ada.

"Saya sebagai perwakilan Komisi I DPR RI mendorong segala aspek masyarakat khususnya yang bergerak di bidang UMKM untuk memanfaatkan segera dan semaksimal mungkin semua platform digital yang mendukung upaya menyukseskan dunia UMKM," kata Sadiq kepada wartawan, pada Rabu (2/8/2023).

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) memprakarsai pelaku percepatan digitalisasi di 1.000 pasar rakyat serta 1 juta pedagang tahun 2022 hingga 2024. Sebab, ia ingin UMKM bisa menjejaki berkembang zaman agar tidak tertinggal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikan Literasi UMKM

PAN
Nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Pasuruan menggelar deklarasi dukungan kepada PAN. (Ist)

Untuk informasi, dunia digital memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai kegiatan ekonomi. Dilihat dari riset Google, nilai ekonomi lokal pasar akan mencapai $59 miliar pada tahun 2022, atau 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia, yaitu $77 miliar. 

Oleh sebab itu, PAN terus memberi literasi UMKM, contohnya digitalisasi sehingga Para pelaku UMKM Indonesia tidak tertinggal dari negara lainnya.

"Jika kita tidak memulai maka akan selalu tertinggal, segeralah untuk memulai, mencoba, dan meng-upgrade diri kita semaksimal mungkin mengenai digitalisasi sesuai dengan bidang yang kita minati," pungkas Sadiq.

Infografis Ragam Tanggapan PAN Beri Kode Usung Ganjar-Erick pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan PAN Beri Kode Usung Ganjar-Erick pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya