Dukung Ekosistem Industri Olahraga, LPDUK Terus Bebenah Jadi Lembaga Kredibel dan Terpercaya

Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dibentuk pada 2017.

oleh stella maris pada 07 Okt 2023, 12:25 WIB
Diperbarui 07 Okt 2023, 12:21 WIB
LPDUK.
Logo LPDUK Kemenpora. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dibentuk pada 2017. Saat itu, LPDUK dibentuk dalam rangka persiapan menghadapi Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Selama hadir di bawah naungan Kemenpora, LPDUK pun menunjukkan kinerja yang positif. Ya, LPUK sebagai Badan Layanan Umum (BLU), ikut menyukseskan hajatan olahraga terbesar se-Asia, mulai dari pengelolaan dana komersial hingga membantu penyiapan infrastruktur venue.

Dalam menjalankan tugasnya, LPDUK berjalan sesuai tujuan atau visinya yaitu menjadi lembaga yang profesional dan akuntabel, dalam pengelolaan dana dan penyelenggaraan usaha keolahragaan di Indonesia. Nah, untuk mencapai tujuan atau visi tersebut, LPDUK memiliki misi, yaitu:

  1. Mendorong peran serta masyarakat dan industri olahraga dalam pendanaan keolahragaan.
  2. Mengembangkan potensi usaha keolahragaan.
  3. Meningkatkan optimalisasi pengelolaan dana keolahragaan.
  4. Meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas penyaluran dana keolahragaan.

Adapun tugas pokok dan fungsi LPDUK ada dua. Pertama menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana keolahragaan. Kedua, membangun, menjalin kemitraan, dan mengelola dana usaha olahraga serta event olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terus Berbenah

Selama enam tahun berkiprah, melewati banyak lika liku, dan dinamika, termasuk situasi Pandemi Covid-19, LPDUK terus bebenah. Sesuai arahan Menpora Dito Ariotedjo, LPDUK mencoba melakukan transformasi dengan menjadi lembaga yang lebih progresif dan mendukung ekosistem Industri Olahraga Sebagai Bagian dari DBON.

Transformasi LPDUK dimulai dengan langkah percepatan pemanfaatan aset melalui kegiatan dan kerja sama dengan organisasi olahraga, seperti yang dilakukan terhadap peralatan digital motor sport, dan menggelar Menpora SIM Racing Championship 2023.

Langkah selanjutnya, sesuai arahan Menpora, melakukan rebranding dan mengubah logo agar lebih milenial dan adaptif dengan ekosistem sport industri. Dengan logo dan semangat baru, LPDUK siap menunjukkan kredibilitas dan meraih kepercayaan dari berbagai pihak. LPDUK siap mendukung kemajuan ekosistem industri olahraga!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya