AHY Tegaskan Tak Ada Pembahasan Reshuffle Kabinet Jokowi di Internal Demokrat

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan bahwa di internal partainya tidak ada pembahasan soal reshufffle. Meski partainya dikaitkan dengan perombakan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Okt 2023, 09:18 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 09:17 WIB
AHY menanggapi pidato Jokowi dalam musra relawan Jokowi
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di KPU, Minggu (14/5/2023). Dia pun sempat menanggapi pidato Jokowi dalam musra relawan Jokowi. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa tidak ada pembahasan reshuffle atau perombakan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang dibahas di internal partainya.

Hal ini sekaligus menjawab isu yang beredar terkait Partai Demokrat bakal menduduki salah satu kursi di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Isu itu beredar usai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Oh enggak ada. Saya mengikuti memang beredar rumor yang di masyarakat, tapi tidak ada itu, tidak ada pembahasan tentang itu (reshuffle kabinet)," kata AHY saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023).

Jokowi Beri Kode Demokrat Masuk Kabinet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangguk dan tersenyum saat ditanya soal isu Demokrat masuk kabinet pemerintahannya. Pemimpin negara memastikan akan mengocok ulang atau reshuffle kabinetnya pada pekan ini.

"Lagi dipersiapkan," kata Jokowi saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan, pada Selasa, (24/10/2023).

Kemarin, Senin, 23 Oktober 2023, Jokowi juga menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka. Istana dan Demokrat tidak memberikan keterangan pers mengenai ini.

Jokowi mengatakan pertemuan dirinya dan Ketum Demokrat itu merupakan silaturahmi biasa. "Berbicara hal yang biasa kita bicarakan ketemu dengan partai," katanya menandasakan.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Demokrat Gelar Rapat Internal

AHY Pidato
AHY juga dijadwalkan bakal memimpin rapat internal dengan pengurus pusat partai Demokrat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menggelar rapat internal di kantor DPP di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (24/10). AHY mengumpulkan para ketua DPD Demokrat dan petinggi Demokrat lainnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bakomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra yang turut mendampingi AHY.

"Sedang mendampingi Ketum PD Mas AHY melakukan commanders call dengan para ketua DPD dari 38 provinsi se-Indonesia beserta petinggi Demokrat di kantor DPP," ujar Herzaky kepada wartawan, Selasa (24/10).

Herzaky tidak menjelaskan lebih lanjut apa saja yang dibahas bersama para ketua DPD dan elite Demokrat.   


Reshuffle Mentan

Indonesia Swasembada Beras, FAO Apresiasi Kepemimpinan Jokowi dan Kinerja Mentan SYL
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022.

Sementara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pekan ini. Namun, Jokowi tak mengungkapkan tanggal pasti reshuffle akan dilakukan.

"Mungkin minggu ini (reshuffle). (Hari) baru disiapkan," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota Senayan Jakarta, Selasa (24/10).

Jokowi menyebut bakal melantik Menteri Pertanian definitif. Pos kementerian tersebut memang kosong pasca Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi.

"Menteri Pertanian," ucapnya saat ditanya pos kementerian yang akan diisi.

Saat ini, Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian. Saat ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk kabinet, Jokowi hanya mengangguk. 


AHY Unggah Foto di Kebun Apel dan Bicara Isu Pertanian

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunggah foto sedang berada di kebun apel malang di Batu Malang, Jawa Timur.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunggah foto sedang berada di kebun apel malang di Batu Malang, Jawa Timur. (Instagram AHY).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunggah foto sedang berada di kebun apel malang di Batu Malang, Jawa Timur. Menurut dia, apel malang adalah sebuah produk unggulan pertanian nasional dari Jawa Timur.

“Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang!,” tulis AHY seperti dikutip Selasa 24 Oktober 2023.

AHY lalu meyakini, pertanian Indonesia adalah salah satu sektor yang perlu dibangun dan didorong untuk bangkit dan maju. Dia menegaskan, sebagai ketua umum partai dirinya akan terus berkontribusi demi kemajuan pertanian Indonesia.

“Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan,” AHY menandasi. 

Sebagai informasi, momen AHY bersama Apel Malang adalah ketika dirinya berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur.

“Di sini ada yang suka Apel Malang? Cerita di kolom komentar ya,” AHY menandasi.

Infografis Reshuffle Kabinet di Senin Wage, Budi Arie Jadi Menkominfo. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Reshuffle Kabinet di Senin Wage, Budi Arie Jadi Menkominfo. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya