5 Fakta Kabar Terkini Menko Marves Luhut yang Sedang Jalani Pemulihan Kesehatan di RS di Singapura

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan kondisi terkini yang saat ini masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit (RS) di Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 08 Nov 2023, 16:53 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2023, 16:52 WIB
Menteri Koordinator dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan kondisi terkini yang saat ini masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit (RS) di Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.
Menteri Koordinator dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan kondisi terkini yang saat ini masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit (RS) di Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan. (Instagram @luhut.pandjaitan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan diketahui saat ini masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit (RS) di Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menyempatkan diri menjenguk Menko Marves Luhut pada Jumat 3 November 2023 di salah satu RS di Singapura tersebut. Jokowi mengatakan kondisi Luhut sudah semakin membaik.

"Oh iya kemarin saya dari Balikpapan (IKN), langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut dan Alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

Dia berharap Luhut dapat segera sembuh sehingga bisa beraktivitas kembali. Selain Luhut, Jokowi juga menjenguk istri Sekretarus Kabinet Pramono Anung yang dirawat di Singapura.

Sementara itu, Menko Marves Luhut mengabarkan perkembangan kondisi kesehatannya dari Singapura. Pria yang kerap disapa Opung itu menyebut dirinya telah lebih dari satu bulan menjalani masa pemulihan di negara tetangga dan berangsur-angsur pulih.

Melalui unggahan itu Menko Luhut juga menjelaskan alasannya berobat ke Singapura, alih-alih di Indonesia. Diakuinya, pengobatan awal dijalaninya di dua rumah sakit di Jakarta yakni RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto.

Namun, tawaran dari sahabat serta harapan dari keluarga membuatnya menerima usulan menjalani pemulihan yang lebih optimal di Singapura.

"Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, dimana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan yang lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," kata Luhut di akun Instagram miliknya @luhut.pandjaitan.

Berikut sederet fakta kabar terkini kabar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini masih dalam tahap pemulihan di salah satu RS di Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Presiden Jokowi Sempat Menjenguk

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, buka suara terkait alasannya memilih berobat ke Singapura.
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, buka suara terkait alasannya memilih berobat ke Singapura. Adapun selama dirawat di salah satu RS di Singapura itu, Luhut mengatakan sudah dijenguk oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden dan menteri RI. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjenguk Menteri Koordinator dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di rumah sakit (RS) di Singapura, Jumat 3 November 2023. Jokowi mengatakan kondisi Luhut sudah semakin membaik.

"Oh iya kemarin saya dari Balikpapan (IKN), langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut dan Alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

Dia berharap Luhut dapat segera sembuh sehingga bisa beraktivitas kembali. Selain Luhut, Jokowi juga menjenguk istri Sekretarus Kabinet Pramono Anung yang dirawat di Singapura.

"Kita harapkan segera sehat dan sembuh dan kembali beraktivitas, dan juga saya menengok kemarin Ibu Pramono Anung di RS yang berbeda," jelas Jokowi.

 


2. Jelaskan Alasan Berobat ke Singapura

Luhut Binsar Pandjaitan
Diakui Luhut, harus beristirahat di rumah sakit selama beberapa hari membuatnya cukup merasa bosan. (Foto: Instagram @luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan perkembangan kondisi kesehatannya dari Singapura.

Pria yang kerap disapa Opung itu menyebut dirinya telah lebih dari satu bulan menjalani masa pemulihan di negara tetangga dan berangsur-angsur pulih.

"Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses 'recovery' tubuh pasca sakit yang saya alami," buka Luhut dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu, 4 November 2023.

Ada yang tampak berbeda dalam penampilan terkini LBP. Rambutnya yang biasanya terlihat lebat dan hitam kini berganti cepak dan memutih. Meski demikian, wajahnya terlihat cukup segar.

Melalui unggahan itu Menko Luhut juga menjelaskan alasannya berobat ke Singapura, alih-alih di Indonesia. Diakuinya, pengobatan awal dijalaninya di dua rumah sakit di Jakarta yakni RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto. Namun, tawaran dari sahabat serta harapan dari keluarga membuatnya menerima usulan menjalani pemulihan yang lebih optimal di Singapura.

"Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, dimana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan yang lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," kata Luhut.

 


3. Mulai Boleh Menerima Tamu

Menko Luhut Resmikan PLTS di Bali untuk Perkuat G20 dalam Transisi Energi Terbarukan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sambutan saat Peresmian PLTS Atap Pabrik Danone - Aqua Mambal di Badung, Bali, Rabu (31/8/2022). Acara tersebut kolaborasi antara PLN dan PT Tirta Investama guna mendukung energi hijau serta rangkaian memperkuat pelaksanaan G20 dalam transisi energi berkelanjutan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Hari-hari pertama Luhut menjalani perawatan kesehatan di Singapura hanya ditemani tim dokter, ajudan, istri dan anak. Pria 76 tahun itu tidak diperkenankan menerima tamu ataupun sambungan telepon. Istri dan anak Luhut memintanya agar fokus memulihkan kesehatan.

Kini, kondisinya berangsur-angsur pulih. LBP pun menyebut telah boleh kembali memegang ponsel untuk mengecek pekerjaan meski hanya sejenak.

"Sekarang saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja, meskipun belum sepenuhnya," curhat Luhut.

Diketahui, Luhut juga sudah diizinkan menerima tamu. Kemarin, Jumat, 3 November 2023, Luhut menerima Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyempatkan diri menjenguknya selepas kunjungan ke Balikpapan.

Selain Jokowi, Luhut juga bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beberapa menteri, dan teman dekat. Baginya, kunjungan dari rekan kerja dan teman dekat itu seperti suntikan energi untuk pemulihan diri.

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," tulis Luhut.

 


4. Beberkan Hal yang Mendorong Cepat Pulih

Luhut Binsar Pandjaitan
Diam-diam Luhut Binsar Pandjaitan memantau gejolak pemilu 2024 dari Singapura. Ia menyinggung para peserta Pilpres dari Mahfud MD hingga Prabowo-Gibran. (Foto: Dok. Instagram @luhut.pandjaitan)

Luhut pun kemudian berbagi hal yang membuatnya bisa sembuh meski usianya tak lagi muda. Menurutnya ada 2 hal yang menjadi dorongan terbesar bagi pemulihan kesehatannya.

Pertama, sikap pantang menyerah yang dipelajarinya semasa di Kopassus. Lalu yang kedua yakni pertolongan dan kasih Tuhan Yang Maha Esa.

"Ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak akan pernah mengetahui arti sesatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit," tulis Luhut berfilosofi.

 


5. Beri Bocoran Soal Kapan Pulang ke Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan  menghadiri Marine Spatial Planning and Expo Service 2023, di Pullman Central Park, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Menko Luhut angkat bicara soal Rempang. (Tira/Liputan6.com)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menghadiri Marine Spatial Planning and Expo Service 2023, di Pullman Central Park, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Menko Luhut angkat bicara soal Rempang. (Tira/Liputan6.com)

Luhut mengaku kangen untuk kembali bekerja di Jakarta. Bahkan, dirinya juga memberi sinyal akan balik ke ibu kota dalam waktu dekat.

Saat ini, Menko Luhut masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

"Doain aja ya (balik ke Jakarta), sesegera mungkin," kata Luhut melalui cuplikan video.

Meski begitu, Luhut tidak menyebut secara pasti kapan waktu kepulangannya di Jakarta. Dirinya menyebut masih akan berada di Singapura untuk proses pemulihan selama beberapa waktu ke depan sebagaimana nasehat dari sang istri.

"Saya mungkin butuh beberapa waktu. Tapi yang jelas saya akan menuruti istri saya," jelas Luhut.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya