Cuaca Indonesia Hari Ini Selasa 12 Desember 2023: Hujan Guyur sebagian Wilayah Siang hingga Malam

Siang nanti, hujan yang turun meluas ke sejumlah kota di Tanah Air. BMKG bahkan memprediksi ada yang disusul petir, seperti di wilayah Banjarmasin dan Kota Kupang.

oleh Maria Flora diperbarui 12 Des 2023, 08:12 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 07:13 WIB
Cuaca Ekstrem Jakarta, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah
Pedagang menjajakan jas hujan saat hujan deras di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2022). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah apabila Jakarta mengalami cuaca ekstrem. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap langit berawan dan hujan akan mendominasi sebagian kota besar di Indonesia hari ini, Selasa (12/11/2023). Kondisi cuaca tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga malam nanti.

Pagi hari ini, hujan intensitas ringan dilaporkan akan turun di wilayah Jambi, Pontianak, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Pekanbaru, sementara Makassar hujan sedang. Ada pula cuaca berkabut yang diprediksi BMKG bakal menyelimuti Kota Samarinda. 

Siang nanti, hujan yang turun meluas ke sejumlah kota di Tanah Air. Bahkan ada yang disusul petir, seperti di wilayah Banjarmasin dan Kota Kupang. Sedangkan hujan ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di Kota Banda Aceh, Yogyakarta, Jambi, Pontianak, Palangkaraya, dan Samarinda.

Kemudian hujan juga akan turun di Kota Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, Makassar serta Kendari. 

Memasuki malam hari, sejumlah kota di Indonesia masih akan diguyur hujan, sebagian lagi berawan. Hujan kembali diprediksi terjadi di sejumlah wilayah. Sebut saja di antaranya Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Kota Ambon, Ternate, Kupang, Palangkaraya, dan Samarinda.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu  Berawan   Cerah  Cerah Berawan
 Yogyakarta  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
Jakarta Pusat  Cerah Berawan Cerah Cerah Berawan
Gorontalo Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Jambi Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
Bandung Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Semarang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Surabaya Cerah Cerah Cerah Berawan
Pontianak Hujan Ringan Hujan Ringan Hujan Ringan
Banjarmasin Berawan Hujan Petir Berawan
Palangkaraya Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Samarinda  Kabut Hujan Ringan Hujan Ringan
Tarakan  Berawan Cerah Cerah
Pangkal Pinang Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
Tanjung Pinang Hujan Ringan Hujan Ringan Hujan Ringan
Bandar Lampung Berawan Hujan Ringan Berawan
Ambon Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Ternate Berawan Berawan Tebal Hujan Ringan
Mataram Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Kupang Berawan Hujan Petir Hujan Ringan
Kota Jayapura Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Manokwari  Berawan Berawan Hujan Ringan
Pekanbaru Hujan Ringan Hujan Ringan Berawan
Mamuju Berawan Hujan Sedang Berawan
Makassar Hujan Sedang Hujan Ringan Berawan
Kendari Berawan Hujan Ringan Berawan
Manado Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Padang Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Palembang Berawan Cerah Berawan Berawan
Medan Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan

Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 12 Desember

Sejumlah personel Samapta Polda Sulut melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Kota Manado, Jumat (27/1/2023).
Sejumlah personel Samapta Polda Sulut melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Kota Manado, Jumat (27/1/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga 12 Desember 2023.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa kabupaten dan kota," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada Sabtu (9/12/2023).

Dia berharap, warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat kondisi cuaca ekstrem. Untuk itu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.

Dia mengatakan, kondisi ini dapat menyebabkan banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang, karena itu BMKG akan menyampaikan update cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang tersedia.

Di 10 Desember cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pada 11 Desember berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di tanggal 12 November cuaca ekstrem akan melanda wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.


Musim Hujan Tiba, Gubernur Sulut Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem sebagai dampak musim hujan di daerah itu.

"Kita bersyukur karena musim kemarau akan berlalu dan beralih ke musim hujan, tentu ada upaya mitigasi yang harus dilakukan oleh masyarakat," kata Olly Dondokambey, Jumat (1/12/2023).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, tidak menutup kemungkinan cuaca ekstrem bisa terjadi seperti meningkatnya curah hujan, dan angina kencang di kabupaten dan kota di Sulut.

"Paling sederhana jangan membuang sampah di selokan-selokan sehingga mampet dan akhirnya menyebabkan limpahan air ke jalan-jalan," katanya.

Dia berharap, masyarakat melakukan upaya bijaksana ketika cuaca ekstrem terjadi yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan bencana.

"Masyarakat yang tinggal di bukit-bukit harus waspada, lihat tanda alam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan Sulut pada dasarian pertama Desember 2023.

BMKG menyebutkan beberapa wilayah di Sulut pada dua dasarian dengan rata-rata curah hujan sudah berada di atas 50 milimeter.

Penentuan apakah Sulut sudah memasuki awal musim hujan atau belum, masih menunggu data curah hujan pada dasarian ketiga November 2023.

Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem
Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya