Jokowi Didamping Prabowo Resmikan RS Panglima Besar Soedirman di Bintaro

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 19 Feb 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2024, 09:29 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menhan Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menhan Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). (Liputan6.com/ Muhammad Radityo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Selain peresmian RSPPN, Jokowi secara serentak juga akan meresmikan secara perwakilan 25 rumah sakit milik TNI dari ketiga matra.

"Acara peresmian diselenggarakan di RSPPN, JI. RC.Veteran Raya No.178, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Senin (19/2). Dari total 25 Rumah Sakit TNI AD, TNI AL dan TNI AU, 5 Rumah Sakit TNI sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden dan Menhan," tulis siaran pers Pusat Penerangan Kementerian Pertahanan, Senin (19/2/2024).

Pantauan di lokasi, Presiden Jokowi sudah tiba sekira pukul 08.30 WIB. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan kepala staf TNI dari ketiga matra bersama Panglima TNI dan Kapolri juga hadir.

Tampak pula Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Selain itu juga tampak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Sebagai informasi, pembangunan rumah sakit tersebut diinisiasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada saat munculnya pandemi Covid-19. Kemhan berinisiatif agar kebutuhan anggota Kemhan/TNI beserta keluarganya dan masyarakat umum terhadap kesehatan dapat terpenuhi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RS Diharapkan Berikan Pelayanan Terjangkau untuk Masyarakat

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto, meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). (Foto: dokumentasi Kemhan)

Pembangunan rumah sakit ini sejalan dengan persyaratan sebagai rumah sakit rujukan yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dengan integrasi BPJS Kesehatan maupun BPJS Jamsostek, rumah sakit ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.

"Hal ini menunjukkan komitmen Kemhan dalam menjaga kesejahteraan dan kesehatan anggota Kemhan/TNI serta masyarakat umum," ungkap Puspen Kemhan.

Saat peresmian hari ini, hadir keluarga besar Panglima Besar Soedirman serta perwakilan keluarga dari setiap nama rumah sakit TNI yang baru diresmikan dan tersebar di Indonesia.

Rumah sakit ini diresmikan dengan nama RSPPN Panglima Besar Soedirman sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap segala dedikasi dan jasanya yang mencerminkan apresiasi mendalam terhadap konstribusi luar biasa Panglima Besar Soedirman dalam sejarah perjuangan bangsa.

Sebelum acara peresmian, Menhan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas rumah sakit antara lain ruang Radiologi (MRI,DSA, CT Scan, Cath Lab, serta radiologi konvensional canggh), ruang operasi dan ruang ICU.

Infografis Pidato Kemenangan Pilpres 2024 Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pidato Kemenangan Pilpres 2024 Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya