Heru Budi Pastikan HUT ke-79 RI Tetap Digelar di IKN

Kepala Sekretariat (Kasetpres) Heru Budi menyebut, mundurnya kepala otorita IKN Bambang Susantono itu tidak akan berpengaruh pada pergelaran HUT ke-79 RI di IKN.

oleh Winda Nelfira diperbarui 03 Jun 2024, 14:06 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 14:06 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyoal Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022 DKI Jakarta. (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tetap bakal digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

"Kami mempersiapkan skenario di Jakarta dan IKN. Bisa dipakai dua-duanya," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6/2024).

Kepala Sekretariat (Kasetpres) ini Heru menyebut, mundurnya kepala otorita IKN Bambang Susantono dan belum ada penggantinya itu tidak akan berpengaruh pada pergelaran HUT ke-79 RI di IKN.

"Intinya HUT RI juga dilaksanakan di IKN," ujar dia.

HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dalam agenda rapat yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno beserta jajaran beberapa waktu lalu, dibahas sejumlah persiapan kegiatan di IKN, mulai dari agenda upacara, penetapan lokasi upacara, waktu pelaksanaan, detail jumlah pasukan, hingga tamu undangan.

Sebelumnya Heru menyatakan teknis penyelenggaraan upacara kemerdekaan RI diatur lebih lanjut dalam rangkaian rapat selanjutnya yang melibatkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, beserta kementerian terkait.

"Kalau waktunya kan sudah dikunci ya, itu di tanggal 17 Agustus, tinggal yang nanti dibahas apakah pelaksanaannya pukul 10 atau 11 waktu setempat," ujarnya yang dilansir dari Antara.

Terkait detail peserta apakah berlaku pembatasan atau tidak, Heru menyebut teknis itu akan diulas pada rapat lanjutan dalam dua sampai tiga hari ke depan.

"Saya selaku salah satu panitia 17 Agustus menyesuaikan dengan kondisi sarana prasarana," katanya.

Saat ditanya terkait logo terbaru perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Heru menyebut belum ada keputusan terkait itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Heru Budi Sebut HUT RI Akan Dibuat Lebih Istimewa

Pengibaran Bendera Merah Putih dalam upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).
Pengibaran Bendera Merah Putih dalam upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan perayaan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 akan dibuat lebih istimewa dari perhelatan sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan Heru Budi Hartono usai menghadiri rapat persiapan HUT Ke-79 RI di Gedung Sekretariat Negara (Setneg) Jakarta, Rabu (29/5/2024).

 "Ya, kita berikan yang terbaik," katanya menjawab pertanyaan terkait hal yang istimewa dari perhelatan HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Saat ditanya terkait logo terbaru perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Heru menyebut belum ada keputusan terkait itu.

Heru menambahkan, Presiden Jokowi juga diagendakan hadir meninjau persiapan perhelatan HUT Ke-79 RI di IKN pada pekan depan.

"Minggu depan ada acara apeksi di Balikpapan, mungkin sekalian ninjau," katanya.


Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN, Jokowi Targetkan 2 Hotel Sudah Selesai Dibangun

Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Training Center PSSI di IKN
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Training Center PSSI di IKN, Kalimantan Timur. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi mengaku sempat memikirkan dimana para tamu-tamu HUT ke-79 RI akan menginap.

Jokowi mengatakan, para tamu bisa menginap di Kota Balikpapan. Terlebih, pembangunan jalan tol Balikpapan menuju IKN sepanjang 47 kilometer akan rampung pada Juli 2024 ini.

"Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di Ibu Kota Nusantara. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep dimana? Bisa di Balikpapan karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer juga Insya Allah di bulan Juli sudah selesai," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/1/2024).

Kendati begitu, dia menginginkan para tamu undangan HUT ke-79 RI dapat menginap di IKN. Jokowi pun meyakini beberapa hotel di IKN sudah selesai dibangun sebelum pelaksanaan HUT ke-79 RI.

"Tapi akan lebih benar kalau di Ibu Kota Nusantara sudah ada hotel-hotel yang selesai dibangun. Saya yakin 1-2 hotel pasti sudah akan selesai dibangun di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Menurut dia, saat ini sudah ada enam hotel bintang empat dan lima yang dibangun di IKN. Salah satunya, Jambuluwuk Nusantara Hotel yang proses pembangunannya dimulai pada Rabu hari ini.

"Hari ini, sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Jambuluwuk Nusantara Hotel, hotel berbintang lima," tutur Jokowi.

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya