Masjid Istiqlal Terima 50 Ekor Sapi Kurban, Ada dari Jokowi, Prabowo, hingga Megawati

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, puluhan sapi itu diantaranya diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden (Wapres) ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

oleh Winda Nelfira diperbarui 17 Jun 2024, 12:04 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2024, 12:04 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan Masjid Istiqlal menerima total 50 ekor sapi dari sejumlah pejabat negara di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan Masjid Istiqlal menerima total 50 ekor sapi dari sejumlah pejabat negara di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. (Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal menerima total 50 ekor sapi dari sejumlah pejabat negara di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Selain itu, Masjid Istiqlal juga menerima hewan kurban berupa 12 ekor kambing.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, puluhan sapi itu diantaranya diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden (Wapres) ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, dari Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 Prabowo Subianto dan Wapres terpilih hasil Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

"Hari ini saya ingin sampaikan bahwa jumlah hewan kurban yang kita kumpulkan, jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi. Tentu yang kita saksikan adalah dari Bapak Presiden, kemudian Wapres ada juga Pak Prabowo, Pak Gibran, Bu Mega," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024).

Selain itu, Masjid Istiqlal juga menerima sumbangan hewan kurban dari warga non muslim, pengusaha, hingga warga yang tergabung dalam komunitas Tionghoa.

"Kawan-kawan non muslim juga memberikan hadiah menambah distribusi daging kurban kita, 22 ekor dari sahabat kita non muslim, ada dari Katedral sapinya besar, kemudian juga Hotel Borobudur penyumbang 20 ekor sapi, ada juga rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa," jelas Nasaruddin.

Nasaruddin menyebut, sumbangan dari warga non muslim tersebut merupakan bentuk toleransi antar umat beragama di Indonesia.

"Inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada sebuah understanding yang amat dalam lintas agama di Istiqlal ini," ucap dia.

Adapun hewan kurban, bakal mulai disembelih di Istiqlal mulai esok hari, Selasa 18 Juni 2024. Pasalnya, kata dia diprediksi masih bakal ada warga yang akan mengantarkan hewan kurban ke Istiqlal sampai hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Berkurban Sapi Limosin Berbobot 1,25 Ton ke Masjid Baiturrahman Semarang

Jokowi Berikan Sapi 1 Ton di Semarang
Jokowi Berikan Sapi 1 Ton di Semarang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi jenis limosin seberat 1,25 ton yang diserahkan di Masjid Baiturrahman Semarang. Jokowi menyerahkan secara simbolis sapi itu usai salat Idul Adha di Simpang Lima, Semarang, Senin, (17/6/2024).

Sapi berwarna cokelat itu cmenyita perhatian warga lantaran sangat besar dan gemuk. Badannya terlihat lebar dan berotot.

Sambil memegang tali, Jokowi menyerahkan sapi berjenis sentimental itu ke pengurus masjid. Kemudian, bersalaman sebagai tanda sapi sudah diserahkan.

Mantan Wali Kota Solo itu juga sempat berbincang-bincang sejenak dengan pengurus masjid sambil melihat ke arah sapi yang kurang lebih berusia 5 tahun tersebut.

Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Masjid Raya Baiturrahman, kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Pantauan via daring, Presiden Jokowi salat dengan didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi tampak mengenakan setelah jas berpeci dan bersarung batik. Selain itu tturut terlihat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sebagai informasi, Jokowi memulai salat ied pada pukul 06.30 WIB. Sebelumnya, info mantan Gubernur Jakarta itu menunaikan salat ied di Semarang dibenarkan oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dikonfirmasi awak media.

Menurut Ngabalin, ada sejumlah pertimbangan mengapa Presiden Jokowi memilih Semarang menjadi lokasi solat ied besok. Salah satunya, terkait agenda kunjugan kerja.

“Pertama kunjungan kerja, kedua  memang perjalanan presiden semua direncanakan karena selama jadi presiden dua periode hari hari besar  Islam hampir presiden tidak pernah ada di wilayah seperti Jawa Tengah (Semarang) itu,” kata Ngabalin seperti dikutip Minggu (16/6/2024).

Menurut Ngabalin, di penghujung masa baktinya, Jokowi sangat ingin bertemu sama dengan kawan lama. Maka dari itu, lanjut Ngabalin, Jokowi besok akan bersilaturahmi dengan sejumlah rekannya di Semarang.

“Ini sebagai sapaan beliau kepada  teman kawan sahabat yang lebih banyak di Jawa Tengah kemudian momentumnya juga bisa untuk lebih banyak  lebih dekat untuk bersilaturahmi,” jelas dia.

Ngabalin memastikan, agenda presiden besok tidak dadakan dan sudah dikonsultasikan agar berjalan baik.

“Ini memang kami bicarakan pada waktu mengagendakan rapat kemudian mengkonsultasikan ini kepada presiden,” dia menandasi.


Hari Raya Idul Adha, Gibran hingga Presiden Jokowi Pilih Kurban Sapi Limosin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang,
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Masjid Raya Baiturrahman, kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden).

Tepat besok, Senin 17 Juni 2024, umat Muslim di Indonesia akan memeringati Hari Raya Idul Adha. Peringatan ini juga dikenal dengan Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

Ada cukup banyak orang yang memilih berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Misalnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Gibran memilih berkurban hewan sapi limosin dan diserahkan ke Masjid Al-Azhar, Jakarta.

"Oh iya tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari Mas Gibran Wali Kota Solo, atau beliau wakil presiden RI kita mendatang, beliau (Gibran) menitipkan satu ekor sapi," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu 15 Juni 2024.


Jokowi Kurbankan Sapi di Sulawesi Selatan

Tatang mengatakan, sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka. Serah-terima dilakukan pada Sabtu 15 Juni 2024.

Tak hanya Gibran, sang ayah, Presiden Jokowi juga memilih sapi limosin sebagai hewan kurbannya. Jokowi kembali akan mengurbankan seekor sapi di wilayah Sulawesi Selatan.

Sapi limosin itu bakal dikurbankan di wilayah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone pada perayaan Iduladha 1445 hijriah, Senin 17 Juni 2024.

"Sapi kurban dari Pak Jokowi akan dipotong di daerah Bone. Rencananya di sekitar Kecamatan Tanete Riattang," Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Nurlina Saking kepada wartawan, Senin 10 Juni 2024.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya