Gerindra Bantah Koalisi Indonesia Maju Pertimbangkan Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta

Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah punya kesepakatan untuk memajukan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur. Rapat itu sudah digelar dan juga dihadiri Golkar.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jun 2024, 20:42 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 20:42 WIB
Partai Gerindra Bubarkan KKIR
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat menggelar konferensi pers. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah, Koalisi Indonesia Maju (KIM) mempertimbangkan wacana mengusung Anies Baswedan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta. 

Dasco menegaskan tidak pernah ada pembahasan duet Anies-Kaesang di internal koalisi.

"Itu enggak ada, belum pernah dibahas," kata Dasco, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah punya kesepakatan untuk memajukan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur. Rapat itu sudah digelar dan juga dihadiri Golkar.

"Itu rapat partai koalisi, termasuk Golkar yang ikut. Nah itu aja," kata Dasco.

Sementara, mencalonkan Ridwan Kamil bukan keinginan Gerindra. Melainkan Ridwan Kamil sendiri yang menyatakan ingin maju sebagai calon gubernur Jakarta.

"Silakan dicek bahwa pada waktu itu kan yang minta mau maju Jakarta kan Pak Ridwan Kamil," kata Dasco.

Dia mengakui elektabilitas Ridwan Kamil hari ini memang lebih tinggi di Jawa Barat daripada Jakarta. Kini koalisi menunggu sampai akhir Juli melihat dinamika politik pencaturan calon gubernur Jakarta.

Akan tetapi, Dasco menegaskan, Ridwan Kamil bukan satu-satunya tokoh yang bisa diusung Koalisi Indonesia Maju.

"Jadi begini, bahwa kemudian elektabilitas RK di Jawa Barat lebih tinggi, itu memang pada saat ini begitu," imbuh Dasco. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Hanya Keputusan Gerindra

Dipakaikan Jas Kuning, Ridwan Kamil Resmi Gabung ke Golkar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memakai jas kuning dan kartu anggota PartaiGolkar yang diberikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jakarta,Rabu (18/1/2023). Ridwan Kamil resmi bergabung dengan Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, keputusan untuk mengusung Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta 2024 bukan hanya keputusan Gerindra, melainkan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) termasuk Golkar.

"Sebenarnya nggak dibilang Gerindra saja loh. Itu rapat partai koalisi, termasuk Golkar yang ikut," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024

Dasco menegaskan, nama Ridwan Kamil bukan hanya sekadar di pembicaraan saja melainkan sudah tahap keputusan KIM. "Keputusan untuk memajukan Kang Ridwan Kamil pada waktu itu, itu adalah pembicaraan rapat koalisi," kata dia.

Meski demikian, Dasco mengakui bahwa survei elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta rendah dibandingkan di Jawa Barat, namun ia menyebut Ridwan Kamil sendiri sudah menyatakan siap maju Jakarta.

"Bahwa kemudian elektabilitas RK di Jawa Barat lebih tinggi, itu memang pada saat ini begitu. Tetapi silakan dicek bahwa pada waktu itu kan yang minta mau maju Jakarta kan Pak Ridwan Kamil," pungkas dia.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya