Paus Fransiskus Kunjungi Jakarta 3-6 September 2024, Bertemu Jokowi hingga Adakan Misa Kudus di GBK

Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda utama selama berada di Indonesia, salah satunya bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jul 2024, 12:49 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 12:49 WIB
Paus Fransiskus Pimpin Misa Malam Natal 2021
Seorang ajudan melepas topi tengkorak Paus Fransiskus selama Misa Malam Natal, di Basilika Santo Petrus, di Vatikan, Jumat (24/12/2021). Di acara tersebut, Paus Fransiskus mengatakan meskipun ada kebangkitan kasus COVID-19 yang telah mendorong mandat vaksin baru untuk karyawan Vatikan. (AP Photo/Ale

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024. Lawatan tersebut merupakan rangkaian perjalanannya ke Asia Pasifik.

Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda utama selama berada di Indonesia, salah satunya bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Paus Fransiskus lepas landas dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino menuju ke Jakarta pada 2 September 2024. Kemudian esok harinya, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan dilakukan penyambutan secara resmi. 

Paus Fraksiskus baru bertemu Presiden Jokowi pada 4 September 2024 dan akan dilakukan upacara selamat datang di pelataran Istana Merdeka. Dilanjutkan pertemuan dengan pemerintah dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara. 

Di hari yang sama, Paus Fraksiskus juga akan bertemu dengan anggota Serikat Jesuit (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan. Kemudian melakukan pertemuan dengan para Uskup, Imam, Diakon, Pelaku Hidup Bakti, Seminaris dan Katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan dilanjutkan bertemu dengan kaus muda Scholas di Graha Pemuda. 

Sementara pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal. Dilanjutkan bertemu dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Paus Fransiskus juga akan memimpin Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno di hari yang sama.

Kemudian Pada Jumat, 6 September 2024, Paus Fraksiskus akan berangkat menuju Papua Nugini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia Jadi Tujuan Pertama

Paus Fransiskus
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat memimpin Doa Angelus dari jendela studionya yang menghadap Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu (1/3/2020). Pemimpin umat Katolik itu untuk pertama kalinya tampil di muka publik dalam empat hari terakhir setelah tak enak badan. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus dalam rangkaian perjalanannya. Ia diperkirakan tiba di Jakarta pada 3 September dan menyelesaikan kunjungannya pada tanggal 6 September.

Logo kunjungannya ke Indonesia, menunjukkan tangan Paus yang terangkat untuk memberkati dan terlihat berdiri di depan Burung Garuda berwarna emas, serta memiliki unsur kain batik khas nusantara.

Dalam logo tersebut, terdapat pula peta Indonesia yang menggambarkan keragaman kelompok etnis dan sosial, bahasa, budaya serta kepercayaan di Tanah Air.

Perjalanan Paus ke Indonesia mengangkat tema "Iman-Persaudaraan-Kasih Sayang."

Setelah dari Jakarta, perjalanan Paus akan berlanjut ke Papua Nugini hingga 9 September. Tema utama dari kunjungan tersebut adalah, "Ajari Kami Berdoa."

Logo kunjungan tersebut menampilkan sebuah salib yang menggambarkan warna-warna yang dimaksudkan untuk mengingatkan matahari terbit dan terbenam di Papua Nugini.

Di salib itu terlihat seekor Burung Cendrawasih yang juga melambangkan Papua Nugini.


Lanjutkan Perjalanan ke Timor Leste

Jubah Paus Fransiskus
Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya selama doa Angelus Hari Minggu setelah misa di alun-alun Santo Petrus, Vatikan Minggu (12/8). Jubah Paus berkali-kali diterbangkan angin saat berbicara di hadapan publik. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Paus kemudian melanjutkan perjalanannya ke Timor Leste hingga 11 September.

Logo kunjungannya ke Timor Leste menampilkan tangan Paus yang sedang memberkati, sementara di belakangnya terlihat peta Timor Leste.

Di bagian atas, terlihat logo kunjungannya yang berbunyi, "Semoga iman Anda menjadi budaya Anda." Ini menjadi pengingat bagi masyarakat Timor Leste untuk menghayati iman mereka sesuai dengan budaya dan tradisi mereka.

Perhentian terakhir Paus di Asia adalah dengan mengunjungi Singapura pada 11-13 September.

Logo perjalanannya menggambarkan sebuah salib, yang terinspirasi oleh bintang yang membimbing para Majus, Ekaristi, dan lima bintang pada bendera Singapura.

Di kedua sisi salib terdapat semboyan yang berbunyi, "Persatuan-Harapan".

“Persatuan” mengungkapkan persekutuan dan keharmonisan di antara umat beriman, baik di dalam Gereja maupun dalam konteks masyarakat dan hubungan keluarga.

Sementara itu, “Harapan” menunjukkan bahwa Perjalanan Apostolik akan menjadi mercusuar harapan bagi umat Kristiani di kawasan ini, terutama bagi mereka yang mengalami diskriminasi dan penganiayaan.


Menag: Suatu Kehormatan bagi Bangsa

Paus Fransiskus. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa pemerintah telah menerima pemberitahuan resmi dari otoritas Vatikan mengenai rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Ia dijadwalkan akan melawat ke Indonesia pada 3 September 2024. 

"Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia," ujar Yaqut, sebagaimana dikutip dari situ website Kementerian Agama, Minggu (31/3/2024) seperti juga dimuat VOA Indonesia.

Infografis 6 Ormas Keagamaan Dapat Konsesi Tambang dari Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Ormas Keagamaan Dapat Konsesi Tambang dari Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya