KPK: Masih Ada 5.681 Caleg Terpilih Belum Lapor LHKPN

Sampai dengan hari Kamis (18/7) berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih ada ribuan caleg terpilih belum melapor hartanya ke KPK.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 20 Jul 2024, 06:43 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 06:41 WIB
Ilustrasi KPK
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap masih banyak caleg DPR/DPRD/DPD terpilih hingga saat ini masih belum melaporkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)nya.

Sampai dengan hari Kamis (18/7) berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih ada ribuan caleg terpilih belum melapor hartanya ke KPK.

"KPK telah menerima data dari KPU data, data LHKPN sebanyak 14.201 orang, jadi masih ada sekitar 5.681 calon terpilih yang belum melaporkan LHKPN," ujar Jubir KPK, Tessa Mahardika Sugiarto dalam keterangannya, Jumat (19/7).

Ribuan anggota caleg itu terancam tidak bisa menduduki kursi parlemen tingkat pusat hingga daerah karena belum melapor harta kekayaannya. Pencantuman harta kekayaan itu juga sebagaimana dalam Peraturan KPU No. 6 Tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum.

"Calon terpilih yang tidak menyampaikan tanda terima Pelaporan Harta Kekayaan (LHKPN), KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten atau Kota, tidak akan mencantumkan nama yang bersangkutan dalam penyampaian nama calon terpilih," ungkap Tessa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Batas Akhir

Untuk batas terkahir pelaporan LHKPN yakni jelang 21 hari pelantikan, sementara untuk pelantikan Anggota DPR RI terpilih dilakukan pada 1 Oktober 2024 dan pelantikan anggota DPRD disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota.

"Untuk diperhatikan, bahwa batas waktu akhir pelaporan LHKPN adalah 21 hari sebelum pelantikan," tutup Tessa.

Sumber: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia
Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya