Jelang Penutupan Indonesia Bertutur 2024, Kemendikbudristek Hadirkan Budaya dan Kesenian Modern Bali

Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang digelar Kemendikbudristek sudah berlangsung sejak 7 Agustus 2024 dan segera berakhir.

oleh Tim News diperbarui 18 Agu 2024, 21:58 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2024, 17:48 WIB
Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang digelar Kemendikbudristek sudah berlangsung sejak 7 Agustus 2024 bakal segera berakhir.
Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang digelar Kemendikbudristek sudah berlangsung sejak 7 Agustus 2024 bakal segera berakhir. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sudah berlangsung sejak 7 Agustus 2024 akan segera berakhir.

Pergelaran Maha Wasundari menjadi penampilan pembuka di Lapangan Chandra Muka, Batubulan, Gianyar, Bali. Indonesia Bertutur 2024 dijadwalkan berlangsung selama 12 hari dan berakhir Minggu (18/8/2024) di Pulau Peninsula, Nusa Dua.

Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2024 Melati Suryodarmo menjelaskan, serangkaian kegiatan telah dipersembahkan sejak dibukanya Indonesia Bertutur 2024.

"Mulai dari program Kathanaya, Layarambha, Ekayana, dan Samaya Sastra yang telah berakhir, kemudian sedang berlangsung Visaraloka, dan rencananya diakhiri dengan Anarta, Kiranamaya, dan Virama," ujar Melati melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Kemudian, terkait persiapan penutupan acara, dia mengatakan, siap menampilkan perpaduan harmonis antara tradisi dan kesenian modern memanfaatkan teknologi dalam proses pengkaryaan para senimannya.

Menurut Melati, masyarakat dapat menyaksikan beragam karya kreatif untuk menyikapi tema utama Indonesia Bertutur 2024 'Subak: Bersama Menuju Harmoni' serta berbagai turunannya yang menjadi pemandu seluruh program kegiatan.

"Di Pulau Peninsula akan ada instalasi cahaya, video mapping, konser musik, pertunjukan tari, cine-concert, hingga opera tutur yang dipertunjukkan gratis selama lima hari. Saat bersamaan juga pameran expanded media Visaraloka masih bisa dikunjungi sampai 18 Agustus di lima lokasi di Ubud," papar Melati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisa Saksikan Beragam Atribut

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 pada Rabu malam 7 Agustus 2024 di Lapangan Chandra Muka, Batubulan, Gianyar, Bali.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 pada Rabu malam 7 Agustus 2024 di Lapangan Chandra Muka, Batubulan, Gianyar, Bali. (Istimewa)

Direktur Festival Indonesia Bertutur 2024 Taba Sanchabakhtiar menambahkan, ketika para pengunjung memasuki lokasi penutupan di Pulau Peninsula, maka dapat menyaksikan berbagai atribut mega-festival seperti penjor berwarna merah muda guna memandu ke titik utama acara.

"Dalam kesenian selalu ada ruang untuk berkembang menjadi budaya baru, Apalagi kalau berusaha ingin menarik minat anak muda, tentu saja ada penyesuaian agar bentuknya menarik, narasinya sesuai zaman, dan ditampilkan dalam kesenian kontemporer," kata Taba.

Untuk diketahui juga, pelaksanaan Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 juga bersinergi dengan sejumlah pihak, salah satunya InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai official venue partner di titik lokasi ke-7.

Kerjasama dengan pihak lain ini dirasa penting sebab agar makin memperkuat harmonisasi semangat seni budaya yang meliputi Indonesia Bertutur 2024. Dalam hal ini ITDC dinilai dapat berkontribusi menghadirkan eksetiknya pariwisata di Bali.

"Kami memang merindukan ruang-ruang yang bisa menghadirkan value creation tambahan. Tidak hanya dalam artian pariwisata tapi juga pemajuan kebudayaan, kesenian, hingga beragam iniatif kreatif, khususnya yang datang dan dihadirkan untuk generasi muda di kawasan ITDC Nusa Dua," terang Presiden Direktur ITDC Ari Respati.

 


Wujud Nyata Perkuat Ekosistem Budaya

Kemendikbudristek menyelenggarakan Indonesia Bertutur 2024 dan menampilkan Samsara, karya terbaru dari sutradara Garin Nugroho.
Kemendikbudristek menyelenggarakan Indonesia Bertutur 2024 dan menampilkan Samsara, karya terbaru dari sutradara Garin Nugroho.(Ist)

Sementara itu, Penelaah Teknis Kebijakan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Irnie Wanda mengungkapkan, Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 merupakan salah satu wujud nyata dalam upaya memperkuat ekosistem budaya sesuai amanat UU Pemajuan Kebudayaan.

Irnie menyebut, penguatan ekosistem kebudayaan saat ini dan untuk masa mendatang perlu terus dilakukan dengan cara menggandeng pelaku kebudayaan agar menghidupkan kreativitas budaya.

"Selamat menikmati Indonesia Bertutur 2024. Semoga apa yang kami sajikan melalui kolaborasi bersama 900 pelaku budaya dapat memperkuat ekosistem pemajuan kebudayaan di Indonesia hari ini dan juga nanti," kata Irnie.

Seluruh rangkaian kegiatan Indonesia Bertutur 2024 di Neka Art Museum, Museum Puri Lukisan, ARMA Museum & Resort, Setia Darma House of Mask and Puppets, Tonyraka Art Gallery, dan Pulau Peninsula di Nusa Dua masih berlangsung hingga 18 Agustus 2024.

"Masyarakat dapat hadir langsung secara gratis dan menikmati pameran, pertunjukan, maupun beragam karya seni indah," jelas Irnie.

Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO
Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya