Top 3 News: Pengendara Diimbau Hindari Jalur Puncak Bogor pada Senin 26 Agustus 2024

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengimbau para pengendara untuk menghindari jalur wisata Puncak pada saat dilakukan penertiban tahap II terhadap bangunan liar pada Senin 26 Agustus 2024. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Muhammad AliDevira PrastiwiDelvira Hutabarat diperbarui 24 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2024, 08:30 WIB
Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, meluapkan kekesalan dengan membakar ban dan sisa material bangunan.
Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, meluapkan kekesalan dengan membakar ban dan sisa material bangunan hingga melempar sampah ke jalan, Senin (24/6/2024). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengimbau para pengendara untuk menghindari jalur wisata Puncak saat dilakukan penertiban tahap II terhadap bangunan liar pada Senin, 26 Agustus 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Dadang Kosasih menyarankan para pengendara untuk menggunakan jalur alternatif selama proses penertiban berlangsung di Puncak Bogor.

Dishub Kabupaten Bogor juga telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Bogor untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way secara situasional agar tidak terjadi kepadatan kendaraan saat penertiban.

Sementara itu, delapan dari sembilan fraksi di Dewan perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati revisi UU Pilkada dalam rapat Panja Baleg DPR, Rabu, 21 Agustus 2024. Hanya Fraksi PDIP yang menolak usulan tersebut.

Namun kini, pasca-munculnya penolakan masyarakat dengan rangkaian demo mengarah ke DPR, fraksi-fraksi lain mulai buka suara seolah menolak revisi tersebut.

Pertama PKS. Melalui juru bicaranya, Muhammad Kholid, Partai Keadilan Sejahtera menyambut baik keputusan DPR RI membatalkan revisi UU Pilkada dan menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Berbeda saat Panja Baleg, PKS kini memandang semua pihak harus menjaga marwah demokrasi.

Kemudian PKB, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku dirinya tidak tahu ada pembahasan revisi UU Pilkada di Baleg. Padahal, PKB menjadi salah satu partai yang menyetujui revisi UU tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Ketua Umum PDI Perjuangan atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal kabar partainya bakal mendukung Anies Baswedan pada Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024).

Megawati Soekarnoputri mengaku kaget melihat satgas di depan DPP PDIP yang membentangkan spanduk dukungan untuk Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Dia mempertanyakan apakah benar Anies mau didukung PDIP. Menurutnya, Anies harus sesuai dengan aturan PDIP lebih dahulu.

Lalu, sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun mengatakan bahwa Anies Baswedan berpeluang diusung di Pilkada Jakarta 2024 apabila menjadi kader PDIP.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 23 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pengendara Diimbau Hindari Jalur Puncak Bogor pada Senin 26 Agustus 2024

Penertiban pedagang kaki lima (PKL) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kawasan Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, diwarnai perlawanan dari pedagang. (Achmad Sudarno).
Penertiban pedagang kaki lima (PKL) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kawasan Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, diwarnai perlawanan dari pedagang. (Achmad Sudarno).

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengimbau para pengendara untuk menghindari jalur wisata Puncak pada saat dilakukan penertiban tahap II terhadap bangunan liar pada Senin 26 Agustus 2024.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Dadang Kosasih menyarankan para pengendara untuk menggunakan jalur alternatif selama proses penertiban berlangsung di Puncak Bogor.

"Kepada pengendara yang akan mengarah ke Cianjur atau Bandung agar menggunakan jalur alternatif Jonggol ataupun Sukabumi," ungkapnya dikutip dari Antara, Jumat, 23 Agustus 2024.

Dishub Kabupaten Bogor juga telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Bogor untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way secara situasional agar tidak terjadi kepadatan kendaraan saat penertiban.

 

Selengkapnya...


2. Ikut Setujui RUU Pilkada, Kini PKS dan PKB FOMO Dukung Pendemo

Demo Tolak Revisi UU Pilkada, Mahasiswa dan Masyarakat Surabaya Kecam Sikap DPR
Sebelumnya, pada Kamis (22/8/2024), mahasiswa bersama sejumlah elemen masyarakat berunjuk rasa menolak revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). (JUNI KRISWANTO/AFP)

Delapan dari sembilan fraksi di Dewan perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati revisi UU Pilkada dalam rapat Panja Baleg DPR, Rabu 21 Agustus 2024. Hanya Fraksi PDIP yang menolak usulan tersebut. 

Namun kini, pascamunculnya penolakan masyarakat dengan rangkaian demo mengarah ke DPR, fraksi-fraksi lain mulai buka suara seolah menolak revisi tersebut.

Pertama PKS. Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera Muhammad Kholid menyambut baik keputusan DPR RI membatalkan revisi UU Pilkada dan menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Kholid menyebut keputusan DPR membatalkan revisi UU Pilkada sesuai dengan suara dan tuntutan rakyat.

"Ini keputusan yang tepat dan sesuai dengan harapan masyarakat. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua," ujar Kholid dalam keterangannya, Kamis, 22 Agustus 2024.

Berbeda saat Panja Baleg, PKS, kata Kholid, kini memandang semua pihak harus menjaga marwah demokrasi. 

Sementara PKB, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku dirinya tidak tahu ada pembahasan revisi UU Pilkada di Baleg.

 

Selengkapnya...


3. Penjelasan PDIP soal Pencalonan Anies di Pilkada 2024

Ketua Umum PDI Perjuangan atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal kabar partainya bakal mendukung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.
Ketua Umum PDI Perjuangan atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal kabar partainya bakal mendukung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024. (Istimewa)

Ketua Umum PDI Perjuangan atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal kabar partainya bakal mendukung Anies Baswedan pada Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024).

Megawati Soekarnoputri mengaku kaget melihat satgas di depan DPP PDIP yang membentangkan spanduk dukungan untuk Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Di depan aku kaget ada baju merah item, terus pasang spanduk harus gotong Pak Anies ya. Eh aku bilang enak aja ya, ngapain aku disuruh dukung Pak Anies," ujar Megawati saat pengumuman Calon Kepala Daerah PDIP, Kamis, 22 Agustus 2024.

Megawati mempertanyakan apakah benar Anies mau didukung PDIP. Menurutnya, Anies harus sesuai dengan aturan PDIP lebih dahulu.

Sementara itu sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun mengatakan bahwa Anies Baswedan berpeluang diusung di Pilkada Jakarta 2024 apabila menjadi kader PDIP.

 

Selengkapnya...

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya