Basarah: Anies dan PDIP Dipertemukan Satu Persamaan Nasib

Kesamaan yang dimiliki antara Anies dengan PDIP adalah menjadi antitesis dari upaya oligarki politik. Sehingga, persamaan itulah yang menjadi landasan PDIP dan Anies bertemu.

oleh Muhammad Ali diperbarui 25 Agu 2024, 06:16 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 06:10 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan mengunjungi DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menilai, partainya dengan Anies Baswedan dipertemukan karena memiliki nasib yang sama. Yakni, dikucilkan dan dieleminasi dari panggung politik.

"Yang pasti Mas Anies dan PDIP dipertemukan oleh satu persamaan nasib, diperlakukan untuk dieliminasi dari panggung politik, dikucilkan dan lain sebagainya. Sehingga kami sama-sama punya persamaan kehendak," kata Basarah, kepada wartawan di Nusa Dua Bali, Sabtu (24/8/2024) malam.

Terlebih, kata Basarah, kesamaan yang dimiliki antara Anies dengan PDIP adalah menjadi antitesis dari upaya oligarki politik. Sehingga, persamaan itulah yang menjadi landasan PDIP dan Anies bertemu.

"Kehendak untuk menjadi antitesis dari upaya politik untuk membuat satu keseragaman politik dalam satu sistem oligarki politik. Kesamaan itulah yang hari ini mempertemukan Mas Anies dengan PDIP," ujar dia.

Kendati demikian, perihal apakah PDIP akan mengusung Anies atau tidak di Pilgub Jakarta, Basarah menekankan hal itu menjadi kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memutuskan.

"Kita tunggu nanti bagaimana keputusan akhir Ibu Megawati Soekarnoputri untuk menentukan siapa calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan diusung oleh PDI Perjuangan," imbuh Basarah.

Basarah juga menjawab pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati soal Anies Baswedan harus menjadi kader PDIP jika ingin diusung di Pilkada Jakarta. Ia menilai, hal tersebut tidak menjadi tolak ukur untuk maju di Pilkada Jakarta. Sebab, yang sudah menjadi kader saja bisa berkhianat.

"Sebenarnya ukurannya bukan menjadi atau tidak menjadi kader PDIP. Karena yang menjadi kader PDIP saja bisa berkhianat," kata Basarah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PDIP Partai Ideologi

Dia menyebut, pernyataan Megawati kala itu untuk melihat bagaimana keseriusan Anies dalam kesamaan visi, misi dan platform perjuangan.

"PDIP ini partai ideologis. Kalau mau bekerja sama dengan pihak di luar PDIP, termasuk di Pilkada DKI Jakarta ini, bukan dengan pendekatan pragmatis, tetapi ada suatu kesamaan visi, misi, dan platform perjuangan," jelas dia.

"Nah, pada titik itulah Ibu Mega bertanya, Mas Anies mau ikut enggak dengan visi, misi, dan platform perjuangannya PDI Perjuangan ini? Jadi justru Ibu Mega di situ ingin meyakini lebih jauh tentang visi, misi, dan platform perjuangan Mas Anies, terutama menyangkut ideologi, menyangkut pembangunan Jakarta, menjaga kebinekaan, dan lain sebagainya. Pada titik itu saya memahami pernyataan Ibu Mega itu," sambung dia.

Lebih lanjut, Basarah pun menyebut terbuka peluang PDIP mengusung Anies tanpa harus menjadi kader. Namun, akan melihat dinamika politik ke depannya.

"Ya kan bisa saja pada kerja sama itu PDIP perjuangan mengambil posisi calon wakil gubernur. Calon wakil gubernur yang dari PDIP. Tapi mari kita lihat nanti dinamikanya, bagaimana mas Anies punya pertimbangan terkait dengan hal itu," imbuh Basarah.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Rencana Rapat Paripurna Kilat DPR Pengesahan RUU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Rapat Paripurna Kilat DPR Pengesahan RUU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya