Golkar Batal Usung Andra-Dimyati di Pilgub Banten, Bahlil Sudah Komunikasi ke KIM

Partai Golkar memilih jalan yang berbeda dengan koalisi Indonesia Maju (KIM), usai resmi mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. Padahal, KIM sepakat mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Agu 2024, 12:47 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 12:47 WIB
Terpilih Secara Aklamasi, Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketua Umum Partai Golkar
Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Partai Golkar memilih jalan yang berbeda dengan koalisi Indonesia Maju (KIM), usai resmi mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. Padahal, KIM sepakat mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa politik sangat dinamis. Dia mengaku hubungan partainya dengan KIM tetap baik-baik saja, meski berbeda pilihan di Pilgub Banten 2024.

"Saya ingin menyampaikan bahwa politik itu kan dinamis. Dan politik itu selalu ada komunikasi. Sebelum berakhir, itu biasanya selalu ada dinamika. Dan Koalisi Indonesia Maju, partai-partai sangat kompak semua. Dan hubungan kita baik-baik saja," ujar Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil mengaku telah berkomunikasi dengan partai-partai KIM terkait arah dukungan Partai Golkar di Pilgub Banten 2024. Bahlil Lahadalia meyakini Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengedepankan kemajuan bangsa.

"Sampai dengan hari malam, saya sebagai ketua umum partai berkewajiban untuk mengomunikasikan ini semuanya. Semua dalam rangka kebersamaan. Dan saya pikir Pak Prabowo maupun Pak Dasco seorang tokoh besar di bangsa ini, dan ingin mengedepankan adalah kemajuan bangsa," kata Bahlil.

Bahlil menyebut perbedaan pilihan dalam politik merupakan hal biasa. Menurut dia, pengalihan dukungan dalam pilkada bukan hal baru di politik sehingga tidak perlu dipersoalkan.

"Kami merasa bahwa mendukung pasangan A atau pasangan B di satu partai itu sampai dengan sekarang berdinamika terus. Ada juga partai A sudah melakukan rekomendasi ke si A, besok dibatalkan lagi. Dan itu terjadi sejak pemilukada langsung. Jadi ini bukan barang baru. Tetapi semuanya itu harus dilakukan dengan baik," tutur dia.

"Dan saya pikir enggak ada persoalan, dan itu enggak perlu dipertentangkan. Yang penting adalah bagaimana kita menatap masa depan untuk kebaikan negara yang lebih baik, tapi juga khususnya untuk Provinsi Banten," sambung Bahlil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar Resmi Usung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024

Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade.
Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egaham)

Sebelumnya, Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju pemilihan gubernur (Pilgub) Banten 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Banten yaitu Bu Airin dan pasangannya Pak Ade. Semoga calon ini membawa perubahan untuk Banten," kata Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menegaskan dukungan yang diberikan tersebut bukan karena terpengaruh PDIP yang memberikan dukungannya terlebih kepada Airin-Ade. Dia juga menyebut telah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait dukungan kepada Airin-Ade.

"Saya juga menyampaikan pasangannya ini (Ade) dari PDIP. Ini menunjukkan Golkar sangat terbuka inklusif, tidak pernah beda-bedakan calon dari manapun," ujar Bahlil.

Menurut dia, Airin merupakan salah satu kader terbaik Partai Golkar. Untuk itulah, Bahlil merasa sayang apabila partainya tak ikut mengusung Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024.

"Kalau barang bagus pasti banyak minat. Saking bagusnya ada yang minta," ucap Airin.

Seperti diketahui, Partai Golkar bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelumnya memilih mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024. Namun, kini Partai Golkar memilih tidak satu jalan bersama KIM di Pilgub Banten 2024.

Airin juga resmi diusung PDIP sebagai bakal calon gubernur Banten 2024, Senin (26/8/2024). Dia maju Pilkada Banten 2024 berpasangan dengan Ade Sumardi.

Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya