Stafsus Jokowi Dorong Pemuda Kutai Timur Jadi Penggerak Perekonomian IKN

Billy mendorong sektor pertanian dan UMKM di Kutai Timur, sehingga anak-anak muda bisa menjadi pengusaha yang menyuplai makanan dan kebutuhan lainnya untuk IKN.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 03 Sep 2024, 15:19 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:00 WIB
Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menghadiri Empowering Youth Talk Show di Café Meet Point, Sangatta, Kalimantan Timur (Istimewa)
Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menghadiri Empowering Youth Talk Show di Café Meet Point, Sangatta, Kalimantan Timur (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menghadiri Empowering Youth Talk Show di Café Meet Point, Sangatta, Kalimantan Timur. Diketahui, giat tersebut adalah acara yang digelar untuk pertama kalinya oleh Kutim Action.

“Kutai Timur dapat cukup penting menjadi Superhub IKN yang dapat menyuplai kebutuhan pangan, energi dan mineral bagi ibu kota baru. Sehingga, Kutai Timur mampu menciptakan Multiplayer effect bagi kedua wilayah tersebut untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerahnya,” kata Billy seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (3/9/2024).

Billy pun mendorong sektor pertanian dan UMKM di Kutai Timur, sehingga anak-anak muda bisa menjadi pengusaha yang menyuplai makanan dan kebutuhan lainnya untuk IKN.

“Ini salah satu pintu untuk anak-anak muda Kutai Timur naik kelas dan dalam jangka panjang, apa yang kita kerjakan ini akan mendukung visi ketahanan pangan negara yang dirancangkan oleh Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto,” ujar Billy.

Lebih lanjut, Billy yang juga merupakan Duta SDGs Indonesia melihat, Kabupaten Kutai Timur sebagai salah satu kabupaten terkaya di Indonesia dengan cadangan batu bara dan kelapa sawitnya.

Namun dia menekankan, kekayaan sumber daya alam (SDA) harus juga diiringi dengan peningkatan sumber daya manusianya, khususnya para pemuda di Kutim yang dapat menjadi pendorong dan pendobrak perekonomian wilayahnya secara berkelanjutan.

“Saya tidak bosan-bosan menekankan, Kutai Timur, terutama pemudanya, lebih berkembang lagi. Tidak bergantung pada SDA batu baranya saja, tetapi juga sumber daya manusianya. Manusia di Kutim harus menjadi pendorong dan pendobrak ekonomi berkelanjutan,” tegas Billy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momentum

Sementara itu, Ketua Kutim Action, Fikri Ghozali berharap kehadiran Billy Mambrasar dapat menjadi momentum anak muda Kutai Timur untuk bergerak dan berkolaborasi mengambil peran dalam Pembangunan Kab. Kutai Timur dan sekitarnya.

“Pemuda Kutim tidak hanya akan menjadi penonton, tetapi pemain utama dalam babak baru sejarah pembangunan Indonesia,” harap dia.


Apresiasi

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Timur, Basuki Isnawan yang turut hadir dalam kegiatan mengapresiasi kehadiran Billy. Dia meyakini hal disampaikan Billy sangat inspiratif.

“Kehadiran beliau dapat memotivasi anak muda di Kutim. Harapannya, akan banyak ‘Billy Mambrasar’ dari Kutim yang bisa menjadi teladan dan pendorong kemajuan daerah,” Basuki menutup.

Sebagai informasi, acara terkait turut diikuti oleh lebih dari 100 orang muda dari berbagai lembaga, profesi, komunitas atau ormas di seluruh wilayah Kutai Timur.

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya