Hadiri Gala Dinner ISF, Ma'ruf Amin Serukan Kerja Sama Internasional di Bidang Teknologi Hijau

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan, dengan dukungan seluruh negara, baik secara teknis maupun finansial, ia meyakini transisi global menuju ekonomi rendah karbon dapat terwujud dengan lebih adil dan merata.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 06 Sep 2024, 07:53 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 07:53 WIB
Wapres Ma'ruf Amin di Gala Dinner ISF 2024
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri acara gala dinner ISF 2024 di Plaza Barat Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024) malam. (Foto: BPMI – Setwapres)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Di antaranya dilakukan melalui penguatan kerja sama internasional.

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf Amin pada acara Gala Dinner Indonesia International Sustainability Forum (ISF) di Plaza Barat Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/09/2024) malam.

Ma’ruf menyebutkan tiga ajakan dalam upaya memajukan pembangunan global yang berkelanjutan dan inklusif.

“Saya mengajak para pemimpin dunia untuk bersama-sama mengoptimalkan kerja sama internasional di bidang teknologi hijau,” ujar Ma’ruf, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (6/9/202).

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan, dengan dukungan seluruh negara, baik secara teknis maupun finansial, ia meyakini transisi global menuju ekonomi rendah karbon dapat terwujud dengan lebih adil dan merata.

“Kedua, mari kita bersinergi dalam merumuskan inisiatif kebijakan global yang inklusif dan berkeadilan,” tuturnya.

Melalui inklusifitas ini, Ma’ruf meyakini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, khususnya masyarakat rentan.

“Ketiga, mari kita dorong perluasan peran lembaga keuangan internasional dalam pembiayaan proyek hijau di negara berkembang,” ucap Wapres

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dihadiri Pejabat Malaysia hingga Singapura

Ma’ruf menilai, melalui kemudahan mengakses mekanisme pembiayaan dan variasi skema akan memberikan kontribusi signifikan terhadap keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi ramah lingkungan.

“Semoga kegiatan ini menghasilkan solusi nyata yang membawa masyarakat internasional menuju kehidupan yang sejahtera dan adil,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Transisi Energi dan Transformasi Air Malaysia, Dato' Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Singapura, Teo Chee Hean, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Duta Besar Negara Sahabat serta para Pimpinan Organisasi Internasional.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Eksploitasi Alam dan Polusi Udara Berdampak pada Krisis Iklim?
INFOGRAFIS JOURNAL_ Eksploitasi Alam dan Polusi Udara Berdampak pada Krisis Iklim? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya